Resmi, PMK2 dan AYO Cabut Nomor Urut Calon Bupati Bintuni

Oleh Redaksi

23 September 2020 20:01 557 VIew

''Pleno penetapan Calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni''

Teluk Bintuni, arfaknews -  KPU Teluk Bintuni secara resmi menetapkan Pasangan Petrus Kasihiw - Matret Kokop dan Ali Ibrahim Bauw  - Yohanis Manibuy sebagai Calon Bupati Kabupaten  Teluk Bintuni 2020 - 2025.

Penetapan itu melalui Rapat Pleno yang dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Teluk Bintuni, yang digelar dalam rapat pleno tertutup pada Rabu (23/9/2020), pukul 15.00 WIT.

Komisioner KPU Bintuni, Eko Priyo Utomo mengatakan kedua pasangan calon bupati dan wakil Bupati Bintuni baik pasangan Petrus Kasihiw dan Matret Kokop maupun Ali Ibrahim Bauw dan Yohanes Manibuy dinyatakan memenuhi syarat. 

"Resmi kedua paslon baik PMK2 dan AYO siap bertarung Pilkada pada 9 Desember 2020, ini sesuai PKPU nomor 09 pelaksanaan pleno penetapan bersifat tertutup,"ucap Eko via seluler.

Terkait hasil rapat pleno itu ke dua paslon baik PMK2 dan AYO  memenuhi persyaratan dan telah ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, sesuai dengan PKPU nomor 5, telah dilakukan verifikasi syarat pencalonan pada 4 hingga 6 September lalu.

Dalam verifikasi syarat pencalonan, hanya ada dua berkas yang diverifikasi, yaitu berkas syarat pencalonan, formulir B1 KWK dan BB KWK," ujar dia

Kemudian dilanjutkan verifikasi keabsahan berkas calon dari 6 hingga 12 September, walaupun dalam proses verifikasi itu ada beberapa berkas syarat calon yang dikembalikan untuk dilengkapi.

Berkas itu diverifikasi, kemudian kembalikan kepada LO agar diperbaiki dan dikembalikan pada  13 dan 14 September 2020 kemarin.

Dalam proses itu, syarat calon kedua pasangan telah dinyatakan memanuhi syarat keabsahan dokumen.

"Makanya tadi ditetapkan kedua paslon siap bertanding dalam pilkada 9 Desember 2020 di Bintuni," tandasnya.

Setalah resmi ditetapkan sebagai Calon, tahapan selanjutnya, kedua pasangan akan masuk tahapan pencabutan nomor urut calon, yang direncanakan akan digelar pada esok siang, (24/9). 

Setalah pencabutan Nomor urut, tahapan selanjutnya adalah Deklarasi pemilu Damai dan disertai dengan penandatanganan Pakta Integritas.


Berita Terkait