Unipa Dukung Pemprov Wujudkan Provinsi Pembangunan Berkelanjutan

Oleh Redaksi

23 September 2020 23:12 1094 VIew

''Balitbanda Papua Barat Teken MOU dengan Unipa''

Manokwari, arfaknews - Universitas Papua Mendukung Kebijakan Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam mewujudkan Papua Barat sebagai Provinsi Pembangunan Berkelanjutan.

Pasalnya, Gubernur selalu mengingatkan bahwa Sumber daya alam yang ada merupakan titipan bagi anak cucu dihari esok.

Hal itu disampaikan Sagrim usia mengikuti acara webinar keanekaragaman Hayati Papuanesia yang digelar oleh Balitbanda Provinsi Papua berkolaborasi dengan Universitas Papua, yang digelar disalah satu Hotel di Manokwari, Rabu (23/9/2020).

Rektor menjelaskan, dalam pesan Gubernur, selalu mengingatkan masyarakat untuk meninggalkan mata air bukan air mata bagi anak cucu.

Pesan itu secara filosofis tersirat bahwa provinsi ini sudah digaungkan sebagai Provinsi Pembangunan  Berkelanjutan melalui Perdasus pembangunan Pembangunan Berkelanjutan.

Karene itu perlu dibagi tugas dalam mewujudkan provinsi Pembangunan berkelanjutan dengan metode kerja kolaboratif melibatkan Pemerintah Daerah, Unipa maupun NGO Nir laba.

"Hal- hal yang meliputi ranah kebijakan merupakan kewenangan pemerintah melalui Balitbangda dan porsi yang berkaitan dengan riset dan pengembangan, masuk ranah perguruan tinggi," ujar Sagrim.

Namun jika hanya aturan pembangunan berkelanjutan tanpa difollow up dengan tindakan nyata maka apa yang menjadi cita-cita tidak akan terwujud dengan baik,"terangnya.

Dia menambahkan mekanisme kerja sama, metode penelitian serta target penelitian perlu disusun dalam suatu kerangka acuan (TOR) penelitian sehingga menjadi panduan kerja kolaborasi disertai dengan dukungan  anggaran.

Riset itupun dilakukan secara kolaboratif melibatkan pihak Universitas, pemerintah, LSM dengan strategi triangulasi, baik triangulasi kelembagaan, triangulasi metodologi yang perlu direncanakan kedepan.

Sebelumnya, Badan Penelitian dan pengembangan Daerah (Balitbanda) meneken Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Universitas Papua melalui Fakultas Kehutanan Unipa.


Berita Terkait