Bawaslu Manokwari Bongkar APK Paslon Tidak Tertib

Oleh Pato Maniani

20 October 2020 23:12 181 VIew

''Bawaslu bersama Pol PP tertibkan APK Paslon''

Manokwari, arfaknews - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Manokwari menertibkan alat Peraga Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Manokwari di area fasilitas publik.

Bawaslu menertibkan 20 Baliho Pasangan Calon  yang tertancap di Terminal, Pasar, Kantor Pemerintahan, Area Pendidikan, Taman Kota dan perempatan jalan [Trafight Light] yang berpotensi memicu kerawanan pelanggaran lalulintas.

Ketua Bawaslu, Syors Prawar mengatakan pihaknya akan terus melakukan penertiban APK pasangan calon. 

"Kami akan terus melakukan penertibaan APK paslon yang tidak sesuai dengan aturan PKPU nomor 13 tahun 2020,"ucap Syors, selasa (20/10/2020).

Disisi lain, 20 APK yang disita akan dimusnahkan selama 3 hari ke depan jika tak diambil oleh pasangan  calon.

Kami akan menyurati Paslon untuk membawa Baliho yang dicabut, dan memasangnya di tempat yang sesuai. " 3 hari dari sekarang jika tidak diambil, kami akan musnahkan sebab kantor Bawaslu bukan tempat penitipan Barang," ujarnya.

Selain ini, Ketua Bawaslu mengatakan pihaknya akan turun melakukan pendisiplinan protokol Kesehatan di masa kampanye.

"Kami akan ambil langka tegas untuk tertibkan APD saat kampanye tatap muka oleh Paslon,"ujarnya.

Syors menjelaskan, pihaknya sudah menyurati Paslon untuk  menaati protokol kesehatan sesuai amanat PKPU nomor 13 tahun 2020, pasalnya berdasarkan  laporan Satker bahwa ada paslon yang tidak melaksanakan protokol kesehatan. 

Bawaslu sudah menyurati Paslon, memberikan peringatan tertulis kepada Pasangan Calon untuk menaati protokol kesehatan.

"Jika seruaan ini tidak diindahkan, kami akan melakukan langkah tegas untuk menghentikan aktivitas kampanye yang berpotensi mengorbankan nyawa masyarakat," ujarnya.

Syors harap paslon  taati koridor aturan agar kampanye tatap muka menggunakan APD dan tak lakukan pertemuan di luar ruangan, harapnya. 


Berita Terkait