Gubernur Serahkan Bantuan Bapok Tahap II Kepada 5 Agama di Manokwari

Oleh Redaksi

11 November 2020 22:12 270 VIew

''Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan saat menyerahkan Bantuan Bapok Tahap II Kepada Para Pimpinan Agama Di Manokwari''

Manokwari, arfaknews - Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan secara resmi menyerahkan paket Bantuan Bahan Pokok yang dikemas dalam program Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat di Kabupaten Manokwari. 

Secara simbolis diserahkan kepada masing - masing pimpinan keagamaan di Manokwari. Baik Islam, Hindu, Budah, Katolik dan dedominasi Agama Kristen. 

"Bantuan ini sama seperti tahap pertama, harapan kami bantuan ini membantu meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah masa Pandemi Covid 19,"ucap Gubernur saat menyerahkan bantuan JPS kepada para Pimpinan Agama di Manokwari.

Selanjutnya, Plt. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Papua Barat, Yan Moso menerangkan secara simbolis Bapak Gubernur telah menyerahkan Bantuan Bapok kepada  dedominasi Protestan, Agama Katolik, Hindu, Budah dan Islam.

Sementara, jumlah Bapok yang diserahkaan di Kabupaten Manokwari berjumlah 13.800 sekian yang disalurkan melalui lembaga Keagamaan. 

Moso mengatakan secara keseluruhan paket Bapok sama seperti tahap pertama, berjumlah 82,963 paket Bapok di Papua Barat. 

Dari total 82,966 dibagi kepada 5 Agama per Kabupaten/ Kota, baik Manokwari Raya, Sorong Raya maupun Fakfak Raya. 

Hingga kini, proses penyerahan sudah mencapai 65 persen Paket Bapok yang sudah diserahkan oleh Gubernur kapada masyarakat di Papua Barat. "Manokwari merupakan Kabupaten  Ke 7 dari beberapa Kabupaten yang telah diserahkan oleh Bapak Gubernur," terangnya.

Disisi lain, Yan mengungkap penyaluran tahap pertama baru mencapai 90 persen, 10 persen sisa berada di Kabupaten Tambrauw dan Kabupaten Sorong. 

Pemprov Papua Barat bekerja sama dengan Bulog dan PT. Irian Bakti untuk proses pendistribusian sampai ke Kabupaten/Kota hingga ke Distrik - Distrik dan Kampung. 

"Memang, Tambrauw dan Kabupaten Sorong medannya sedikit mempengaruhi proses penyaluran, kita berharap tahap pertama sudah harus selesai sebelum tahap kedua didistribusikan,"ujarnya.

Pekan depan, Bapak Gubernur akan serahkan Bapok Tahap II kepada masyarakat di Kabupaten Teluk Bintuni.

"Baru diserahkan secara simbolis, proses pendistribusian nanti akan kordinasikan dengan Bulog dan PT. Irian Bakti,"jelasnya.


Berita Terkait