Mantan Analis Kredit Bank BNI Apresiasi Kebijakan Gubernur Bantu Dana Stimulus Bagi Penjual Sayur

Oleh Redaksi

12 November 2020 12:12 462 VIew

''Penyerahan Bantuan Bapok Pemprov Papua Barat Kepada Masyarakat di Manokwari ''

Manokwari, arfaknews - Ketua Pedagang Mama - Mama Papua Penjual Sayur dan Pinang Pasar Sentral Sanggeng Manokwari memberikan apresiasi kepada Gubenur Papua Barat atas Bantuan Dana Stimulus Pekerja UMK.

Mantan Analis Kredit Bank BNI ini menjelaskan Kebijakan Gubernur sangat tepat dalam menumbuhkembangkan mama - mama Papua yang bekerja sebagai pedagang Sayur dan Pinang di Manokwari ditengah situasi Pandemi Covid 19.

"Melalui Bantuan Stimulus ini, para penjual sayur mama - mama Papua yang terhimpun dalam pedagang Papua Pasar Sentral Sanggeng bisa mendapat modal untuk bertahan di masa Pandemi Civod 19,"ucap John Kambu usai menyerahkan Paket Bantuan UMK Papua Barat Kepada mama - mama Papua di Distrik Manokwari Barat, Rabu (11/11/2020).

John menjelaskan Kelompok usaha Pedagang Papua Pasar Sentral Sanggeng adalah salah satu Kelompok Usaha yang dibentuk untuk menghimpun dan mengkordinir mama - mama Papua di sektor usaha Kecil dan Micro terutama mama - mama Papua yang berjualan Sayur dan Pinang di Pasar Sanggeng.

Sebagai orang yang berpengalaman di Bidang Perbank-kan, saya berkomitmen untuk membantu mama Papua dalam mengembangkan usaha - usaha mereka kedepan.

Kelompok yang kami dirikan ini sudah mencapai 700 orang anggota Pedagang Asli Papua yang bekerja di pedagang Hasil Bumi, (sayur-sayuran, keladi, Singkong, Pisang, dll),  mereka bukan Pedagang Sambilan.

Ada beberapa agenda  yang kami perjuangkan kedepan, diantaranya pembangunan kembali Pasar Sentral Sanggeng, terlebih khusus adanya tempat jualan yang layak disiapkan bagi mama -mama Papua.

Kami juga berharap agar pemerintah memperhatikan itu, dan menyediakan Pasar yang layak bagi mereka.

"Awalnya mereka tidak terakomodir dengan baik akhirnya hak-hak mereka dan aspirasi mereka kadang tidak tersalur dengan baik. Kami berharap melalui organisasi ini, (Pedagang Papua - Red) aspirasi mama - mama Pedagang Papua bisa terakomodir dengan baik,"harapnya.

Disisi lain, melalui wadah ini bisa menjadi jembatan antara Pedagang Papua, khususnya mama - mama Papua dengan Pemerintah.

Puji Tuhan, melalui wadah ini mama - mama Papua bisa merasakan bantuan dana Stimulus dari Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Dari Total 300 orang Palaku usaha UMK di Manokwari yang menerima dana Stimulus sebesar Rp.3.000.000, yang diberikan melalui Rekening Tabungan.

60 orang diantaranya adalah mama - mama Papua penjual sayur di Pasar Sentral Sanggeng yang kami akomodir.

Saya sendiri mengusulkan 60 orang, dan mereka itu berasal dari pinggiran Kota, dari Warmare, Manokwari Selatan, dan Manokwari Utara, terutama mereka yang jarang tersentuh dengan bantuan Pemerintah.

Hari ini saya bersyukur karena pemerintah mempercayakan kami, untuk kami bisa bekerja sama. 

Selain itu, kami juga dipercayakan oleh pemerintah Provinsi Papua Barat untuk menyalurkan Bantuan Bapok kepada masyarakat di Manokwari.

Saya dipercayakan menyalurkan 338 orang, penerima Bapok. Namun yang baru dikasih hari sebanyak 250 paket bapok.

Saya sudah serahkan sebagian kepada masyarakat di Manokwari Barat, Manokwari Timur dan Manokwari Utara, sementara sebagiannya lagi akan saya serahkan di Manokwari Selatan dan Warmare.

Masyarakat yang menerima bantuan ini, mereka yang belum mendapat bantuan. Tadi kami sudah saluran 167 Paket Bantuan, bukti dan tandatangan penerima terdokumentasi.

Kami berterima kasih untuk Bapak Gubernur Papua Barat melalui Bapak Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Papua Barat. Atas dukungan untuk mengembangkan, meningkatkan usaha kedepan.

Saya berharap melalui Bantuan Modal Dana Stimulus Rp. 3.000.000,- bisa dimanfaatkan secara baik dalam mengembankan usaha kedepan.


Berita Terkait