Gubernur Serahkan 5.075 Paket Bapok II, dan Dana Stimulus kepada Masyarakat di Bintuni

Oleh Redaksi

15 November 2020 12:12 241 VIew

''Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan Serahkan Bapok dan Dana Stimulus Pekerja UMK kepada Masyarakat di Kabupaten Teluk Bintuni''

Teluk Bintuni, arfaknews - Pemerintah provinsi Papua Barat kembali menyalurkan jaring pengaman sosial (Bapok) tahap 2 melalui lembaga keagamaan dan penyerahan stimulus bagi pelaku usaha mikro kecil di Kabupaten Teluk Bintuni, Sabtu (14/11/2020).

Proses penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat dan Pejabat sementara Bupati Teluk Bintuni berlokasi di Gedung serbaguna Kabupaten Teluk Bintuni.

Gubernur Dominggus Mandacan menjelaskan bahwa Pandemi covid-19 tentu berdampak pada semua aspek kehidupan masyarakat.

Hal itu berdampak langsung terhadap perubahan anggaran untuk penanganan dari segi kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi masyarakat.

“Akibat covid-19 terjadi revisi anggaran APBD tahun 2020 dan dari dana itu digunakan untuk penanganan kesehatan, jaringan pengaman sosial berupa bahan makanan dan ketiga penguatan ekonomi daerah,” ucapnya. 

Karena itu, melalui program itu Pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan bantuan Bahan Pokok (Bapok) yang dikemas dalam program jaring Pengaman Sosial kepada masyarakat. 

Sama seperti tahap pertama, Bantuan Bapok tahap ke II sebanyak 5.075 paket, diserahkan kepada masyarakat di Kabupaten Teluk Bintuni melalui dedominasi lembaga Agama, baik Kristen, Islam, Katolik, Hindu, dan Budah di Kabupaten Teluk Bintuni. 

Diharapkan proses penyaluran tepat sasaran kepada masyarakat terutama para lansia, janda, duda dan yatim piatu,"ujar  Gubernur menambahkan. 

Selain itu, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan juga 
menyerahkan bantuan stimulus bagi 350 pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten Teluk Bintuni.

Bantuan stimulus berupa uang tunai sebesar 2 juta rupiah, diberikan dalam buku tabungan melalui kerjasama dengan pihak Bank.

“Ini juga kita programkan melalui stimulus bagi pelaku usaha mikro kecil sebanyak 350 orang di Kabupaten Bintuni,"ucap Gubernur

Sedangkan, secara keseluruhan bantuan stimulus di Papua Barat sebanyak 4.668 orang dalam bentuk tabungan dan masing-masing 2 juta rupiah,” tuturnya. 

“Saya harapkan tidak dilihat dari berapa banyak, berapa besar, berapa nilai tetapi yang jelas ada kepedulian dari pemerintah Provinsi Papua Barat untuk berbagi kasih kepada masyarakat,”harapnya Gubernur Papua Barat.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Papua Barat dan khususnya Kabupaten Teluk Bintuni atas berkat Doa, sehingga tugas dan tanggungjawab pimpinan dapat terlaksana dengan baik.

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan, Pakai Masker, Jaga Jarak dan Rajin Mencuci Tangan guna mencegah penularan Covid 19.


Berita Terkait