Rapimda DPD KNPI Papua Barat Ditunda Hingga Maret 2021

Oleh Redaksi

22 November 2020 19:12 187 VIew

''Rapat Kordinasi DPD KNPI Papua Barat dan DPD KNPI Kabupaten Sorong bersama Pengurus DPD KNPI Se Sorong Raya''

Kabupaten Sorong, arfaknews - DPD KNPI Papua Barat menunda Pelaksanaan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) hingga bulan Meret 2021 mendatang. 

Hal itu diputuskan setelah dilakukan rapat kordinasi dengan DPD KNPI Kabupaten Sorong dan DPD KNPI se-Sorong Raya di Aimas Kabupaten Sorong, Sabtu (21/11/2020). 

Sekretaris DPD KNPI Papua Barat, Jemi Liunsanda mengatakan penundaan itu semata - mata untuk memaksimalkan kematangan persiapan panitia.  

"Setalah dilakukannya rapat kordinasi dengan KNPI Kabupaten  Sorong dan DPD KNPI se Sorong Raya,  kami telah sepakat bahwa pelaksanaan Rapimda ditunda hingga tanggal 22 Maret Tahun 2021 mendatang,"ucapnya.

Jemi menjelaskan pada September 2020 lalu, DPD KNPI Papua Barat telah melaksanakan Rapat pleno bersama seluruh DPD KNPI Kabupaten/Kota Se Provinsi Papua Barat dan pimpinan OKP Tingkat Provinsi Papua Barat dan telah menyepakati bahwa pelaksanaan Rapim akan dilaksanakan pada bulan November tahun 2020 ini, dengan menunjuk DPD Kabupaten  Sorong sebagai tuan rumah. Namun setelah dilakukan rapat kordinasi disepakati untuk ditunda hingga tahun depan. 

"Pilihan penundaan ini semata - mata untuk mempersiapkan kinerja Panitia secara efektif dalam kegiatan Rapimda, termasuk Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong," ujarnya.

Disisi lain, Jemi menerangkan dalam rapat koordinasi ini, pihaknya berusaha menginventarisir masukan dari tuan rumah dan pengurus DPD Kab/Kota se Sorong Raya terkait
alasan penundaan Rapimda. 

Penundaan ini juga berhubungan dengan  pelaksanaan Kongres GMKI pada November 2020, dimana Manokwari sebagai tuan rumah, maka Pengurus DPD KNPI Kabupaten/Kota sebagian besar turut terlibat dalam perhelatan GMKI ini. 

Setelah itu pada bulan desember momentum Pilkada serentak dilanjutkan dengan Hari Raya Natal dan Tahun baru, oleh sebab itu forum memutuskan bahwa waktu yg tepat untuk pelaksanaan RAPIMDA adalah pada tanggal 22 Maret 2021. 

Penetapan tanggal ini adalah jawaban utk menjawab kondisi yang akan kita hadapi pada bulan november sampai awal tahun depan, jelasnya.

Selain itu, Jemi menambahkan dalam Rapat kordinasi tersebut, pihaknya telah menetapkan struktur Kepenitiaan  untuk mempersiapkan teknis penyelengaraan pelaksanaan Rapimda. 

Kami telah membentuk Organizing Commite Rapimda, yang diketuai oleh Pengurus DPD KNPI Provinsi, Raymond Karubaba sebagi Ketua Panitia dan dibantu dengan pengurus DPD KNPI Kabupaten Sorong, yakni Zet Ginuni sebagai Sekretaris dan Isack Yable sebagai Bendahara. 

"Ini bentuk struktur kolaborasi antara DPD KNPI Provinsi dan DPD KNPI Kabupaten Sorong sebagai tuan rumah. Pihaknya juga melibatkan pengurus DPD KNPI se Sorong Raya untuk melengkapi komposisi kepanitiaan.

Kami harapkan dukungan dari seluruh komponen DPD KNPI Papua Barat dan dukungan dari Pemprov Papua Barat serta Pemda se-kabupaten/Kota guna mensukseskan pelaksanaan RAPIMDA Pemuda / KNPI, harapnya. 

Senada Ketua KNPI Kabupaten Sorong Karlos Kalasuat menyampaikan terima kasih kepada DPD KNPI Papua Barat atas amanah  Kabupaten Sorong sebagai tuan Rumah Rapat Pimpinan Daerah DPD KNPI Papua Barat. 

Kami imbau kepada seluruh komponen Pengurus DPD KNPI untuk menjaga amanah ini dengan memaksimalkan penyelenggaraan Rapimda pada 22 Maret 2021 mendatang. 

Kami berharap sumbangsi pikiran dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah Kabupaten Sorong dan DPD KNPI se Sorong Raya guna mensukseskan Rapimda. 

Ketua Panitia Rapimda DPD KNPI Papua Barat, Raymond Karubaba mengatakan dengan terbentuk struktur kepengurusan yang telah dipercayakan, pihaknya bakal menggelar sejumlah kegiatan untuk mempersiapkan kegiatan. 

Kedepan, kita akan membahas kesiapan - kesiapan  teknis menuju 22 maret 2021. Kita akan buat kegiatan - kegiatan sebelum dilakukan Rapimda. 

Sebagai Korwil KNPI Sorong Raya, Raymond mengaku pihaknya akan berupaya mendorong terselenggaranya Rapimda dan Musda DPD KNPI Kabupaten Raja Ampat. 

Target kami antara Januari hingga Februari 2021, Konsolidasi DPD KNPI Raja Ampat tuntas. 

Baik pelaksanaan Rapimda dan Musda agar pada  Maret 2021 Mendatang, Pengurus definitif sudah ambil bagian dalam Rapimda DPD KNPI Papua Barat,"jelas Karateker KNPI Raja Ampat ini


Berita Terkait