KNPI PB Desak Kapolda Ungkap Pelaku Penembakan Kasubag Hukum KPU Bintuni

Oleh Redaksi

01 December 2020 10:01 1944 VIew

''Laporan Polisi ''

Manokwari, arfaknews - Kapolda Papua Barat didesak mengungkap pelaku Penembakan percobaan Pembunuhan Kasubag Hukum KPU Teluk Bintuni di depan Tokoh Sinar Suri Jalan Esau Sesa Manokwari, pada 28 November 2020 pukul 03.30 WIT.

Hal itu ditegaskan oleh Thomas Baru, Pengurus Fungsionaris Komite Nasional Indonesia (KNPI), Provinsi Papua Barat di Manokwari, Senin (30/11/2020).

Thomas mengecam keras percobaan pembunuhan terhadap Kasubag Hukum Komisioner KPU Teluk Bintuni yang sedang menjalankan tugas negara dalam mensukseskan Pilkada.

"KNPI mengutuk dan mengecam keras pelaku penembakan yang dilakukan terhadap salah satu Fungsionaris KNPI Papua Barat yang sedang menjalankan tugasnya sebagai abdi Negera, sebagai Kasubag Hukum KPU Teluk Bintuni di Manokwari Papua Barat," ucap Thomas

KNPI telah kordinasi dengan DPP KNPI pusat untuk meminta Kapolri mendesak Kapolda Papua Barat untuk menseriusi proses pengungkapan Pelaku Penembakan.

Karena itu, kami mendesak Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Tornagogo Sihombing untuk mengungkap siapa pelaku, dan motif penembakan secara transparan kepada publik, tegasnya.

Thomas menjelaskan KNPI Papua Barat akan mengawal kasus ini, pasalnya tindakan tersebut sangat tidak manusiawi, percobaan menghilangkan nyawa seseorang.

Disisi lain, Thomas menilai aparat tidak memperhatikan keamanan Komisioner KPU yang sedang menjalankan tugas negara.

KNPI desak aparat menjaga keamanan dan kenyamanan komisioner KPU agar mereka dapat melaksanakan tugas negara dalam mensukseskan Pilkada di daerah.

Pasalnya, aksi teror itu telah menimbulkan efek traumatis kepada Kasubag Hukum Komisioner KPU Teluk Bintuni dan berdampak pada Kinerjanya.

Dari informasi yang kami terima, kasubag hukum, Simon Ayomi masih trauma dengan masalah itu, dan hingga hari ini beliau belum menjalankan tugasnya secara baik, "ungkapnya.

Selanjutnya, Wakil Ketua DPD KNPI Papua Barat bidang OKK ini menilai KPU Kabupaten Teluk Bintuni dan KPU Provinsi Papua Barat seakan tidak peduli terhadap masalah yang menimpah Kasubag Hukum KPU Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat ini. 

Kami menilai bahwa KPU Papua Barat dan KPU Teluk Bintuni tidak mengawal kasus ini secara transparan hingga tuntas.

Kami mendesak KPU Provinsi Papua Barat dan KPU kabupaten Teluk Bintuni agar mengawal mendesak aparat untuk mengungkap kasus pembunuhan Kasubag Hukum KPU Teluk Bintuni.

Kronologis awal, pada subuh Dini hari pukul 03.30 WIT tanggal 28 November 2020, Kasubag Hukum KPU Teluk Bintuni dihadang oleh Orang Tak Dikenal (OTK) di depan Tokoh Sinar Suri jalan Esau Sesa Wosi Manokwari.

Mereka (OTK) dua kali melepas tembakan dari arah belakang kearah Korban yang sedang mengendarai Mobil hingga menembus kaca mobil Korban.

Atas tindakan itu, Korban mendatangi SPKT Polres Manokwari membuat Laporan Polisi nomor LP / 8 6/2020 / Papua Barat / Res Manokokwari, tertanggal 28 November 2020.


Berita Terkait