Hasil Sementara Masih Sama Kuat, Smart Juga Bisa Deklarasi Kemenangan

Oleh Redaksi

11 December 2020 02:02 7491 VIew

''Calon Bupati Nomor Urut 01, Sius Dowansiba''

Manokwari, arfaknews - Calon Bupati Kabupaten Manokwari, Nomor urut 01, Sius Dowansiba meminta KPU untuk memutuskan hasil pemilihan Umum Kepala Daerah secara adil. 

Penegasan itu disampaikan Sius menanggapi maraknya klaim kemenangan dari kandidat pasangan Calon Hermus Indou dan Eddi Budoyo.

"Bicara kemenangan kan belum, menunggu keputusan terakhir di KPU. Hari ini, ada yang klaim kemenangan secara sepihak," Kata sius saat jumpa pers, Kamis (10/12/2020). 

Dowansiba menjelaskan, klaim kemenangan silahkan dilakukan tapi jangan berlebihan. "Sebagai seorang politisi, klaim kemenangan itu sudah biasa dan sah- sah saja. Pilkada tidak mungkin dimenangkan oleh dua orang kandidat, tentu hanya satu saja. 

Hanya saja, kata Sius pasangan Hebo sudah mengklaim kemenangan dengan data - data yang belum tentu benar. Luar biasa, hebat juga,"imbuhnya.

Sius mengungkapkan data sementara dari perhitungan, smart unggul. Hanya saja ia meminta tim smart untuk merekap data secara menyeluruh. 

Dari data yang ada, kalau mau klaim kemenangan, kita juga klaim menang. Tapi saya pikir kita tunggu saja sampai keputusan terakhir di KPU. 

Sebab jika hari ini saya bisa nyatakan sikap, dan mengklaim kemenangan tapi kalau besok berubah, kira - kira saya malu ka, tidak,"ujarnya. 

Saya harap jangan  kita membingungkan rakyat, siapa yang menang ada dalam tangan Tuhan, tapi yang terpenting, jangan kita memprovokasi rakyat dengan data - data yang belum tentu benar. 

Jadi kita berharap Pilkada lahirkan seorang pemimpin yang membangun rakyat, bukan memprovokasi rakyat dengan money politik. 

Kita harus menunjukkan diri bahwa kita ini politisi yang lahir dari keinginan rakyat,"jelasnya. 

Sius juga minta Tim Smart pastikan kemenangan sebelum lakukan evoria kemenangan. 

Saya sudah sampaikan tim smart untuk tidak evoria, tunggu hingga data semua terkumpul, dan pastikan keputusan dari KPU, baru evoria. 

Kami imbau kepada semua tim, simpatisan dan pendukung smart agar tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan data - data yang tidak benar, belum ada hasil final. 

Sebagai seorang politisi, kita harus menjaga marwa politik ini hingga akhir, jangan sampai kita sudah evoria diawal, sementara data akhir tidak sesuai, akhirnya kita membuat hal - hal yang merugikan banyak orang. 

Selanjutnya, Sius meminta KPU Manokwari untuk menjaga semua surat suara dengan baik. 

KPU harus jaga semua suara smart, dan Hebo hingga akhir, jangan ada yang main mata dengan surat suara yang ada. 

Jangan kemudiaan ada niat dari penyelenggara untuk memenangkan seseorang. Biar keputusan itu sesuai hasil yang ada,"pungkasnya.


Berita Terkait