Gubernur Papua Barat Tanggapi Usulan Pembangunan Kantor Klasis GPI Fakfak

Oleh Redaksi

22 January 2021 08:02 264 VIew

''Gubernur Papua Barat saat Membuka Raker Klasis GPI Sorong - Manokwari di Kota Sorong''

Sorong, arfaknews - Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan menghadiri acara pembukaan sekaligus Penyematan Tanda Peserta Rapat Kerja Klasis GPI Sorong - Manokwari dan Kerja Komisi Pelayanan Wadah Kategorial Lingkup Klasis GPI Sorong Manokwari, di Gereja Protestan Indonesia Jemaat Diaspora Kota Sorong Papua Barat, Kamis (21/1/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur Papua Barat menerima usulan pembangunan dan sekaligus menanggapi usulan pembangunan kantor Klasis GPI Fakfak yang diusulkan oleh Ketua Sinode. 

Gubernur menerangkan Pemerintah provinsi Papua Barat sangat mendukung kehidupan kerohanian masyarakat di Papua Barat, hal itu sebagaimana tercermin dalam moto Papua Barat, yakni membangun dengan hati, mempersatukan dengan kasih untuk mewujudkan Papua Barat, yang aman, damai, sejahtera dan bermartabat. 

Moto itu sebagaimana dijabarkan dalam visi misi papua Barat tahun 2017 - 2022, salah satunya pemerintah  mendukung kegiatan keagamaan baik fisik maupun non fisik. 

Karena itu, Pemerintah Provinsi Papua Barat punya tanggung jawab kepada semua agama, semua dedominasi Gereja yang ada di 13 Kabupaten/ Kota maupun mendukung penata layanan Sinode baik sinode yang ada di Papua Barat maupun yang berada diatas tanah Papua meliputi dua pemerintahan. 

Pemerintah miliki tanggung jawab untuk memberikan dukungan sesuai program dan usulan yang disampaikan sesuai kemampuan anggaran yang ada. 

Menanggapi usulan ketua sinode, selaku Gubernur saya harapkan dalam waktu dekat sudah menerima usulan Sinode GPI tahun 2021 berupa usulan pembanguan, proposal pembangunan agar diupayakan untuk diakomodir dalam APBD 2021.

Orang nomor satu di Provinsi Papua Barat ini, menerangkan harusnya usulan itu minimal sudah diterima di akhir tahun berjalan agar diakomodir di tahun berikut namun jika usulan baru masuk di tahun berjalan maka pasokan dana yang disediakan tidak akan sesuai dengan usulan. 

Tahun ini, penetapan APBD tahun 2021 agak sedikit molor ke Januari, kita harapkan minggu depan sudah masuk tahap pembahasan dan Penetapan APBD tahun 2021.

Untuk itu, saya harapkan dalam minggu ini, saya sudah bisa dapatkan usulan proposal terutama untuk pembangunan kantor Klasis  di Fakfak, agar pemerintah anggarkan sesuai kemampuan anggaran yang tersedia,"jelasnya. 


Berita Terkait