Manokwari Selatan Bakal Jadi Lumbung Padi Di Papua Barat

Oleh Redaksi

19 February 2021 17:02 384 VIew

''Gubernur Papua Barat saat membuka acara Tanam Padi Sawa di Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Jumaat (19/02/2021)''

Manokwari, arfaknews – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan bertekad mewujudkan swasembada produksi Beras di Papua Barat guna memenuhi kebutuhan pangan di daerah. Hal itu dikatakan Gubenur saat menghadiri acara Tanam Padi Sawa di Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Jumaat (19/02/2021).

Gubernur menjelaskan pertambahan jumlah penduduk berdampak langsung terhadap stok pangan di daerah, karena itu Pemerintah Provinsi Papua Barat telah menetapkan kebijakan melalui dinas terkait untuk mempersiapkan Beni Padi, Pupuk obat-obatan pertanian dan sarana infrastruktur agar dipergunakan untuk proses budidaya tanaman Padi oleh para petani.

“Mari kita jadikan distrik Oransbari Manokwari Selatan sebagai Lumbung Pangan menuju Papua Barat Swasembada Produksi Beras,”ucap Gubernur Papua Barat sembari menambahkan bahwa luas wilayah distrik Oransbari cukup luas untuk dijadikan lahan Padi.

Saat ini kita berada dibawa hamparan lahan Sawa seluas 645 hektar mengikuti acara Tanam Padi bersama para petani di daerah ini. Saya mengajak kita semua bersyukur, semoga seluruh pelaksanaan Tanam padi saat ini dapat bertumbuh menjadi tanaman yang subur, kemudiaan akan dipanen menjadi Beras sebagai sumber bahan pangan di wilayah Provinsi Papua Barat,"harapnya.

Disisi yang lain, Gubernur mengungkap berdasarkan pertemuan dengan Menteri Pertanian Republik Indonesia di Jakarta bahwa dalam rangka kebutuhan pangan Nasional maka Pemerintah Provinsi Papua Barat disarankan menyiapkan lahan dalam ukuran besar (Food Estate) untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.

Gubernur lalu mengimbau kepada seluruh masyarakat di Papua Barat untuk mempersiapkan lahan yang dapat dijadikan sebagai kawasan pertanian.“Saya mengimbau kepada semua pihak untuk secara bersama-sama menyiapkan calon lokasi yang dapat dimanfaatkan sebagai kawasan pembangunan lahan pertanian di wilayah Provinsi Papua Barat,”imbuhnya.

Selanjutnya, Gubernur menyampaikan terima kasih kepada Bupati  serta seluruh masyarakat di Kabupaten Manokwari Selatan yang telah membantu pembangunan pertanian. Saya bangga, atas dukungan semua pihak, baik pemerintah daerah, dinas pertanian, penyuluh pertanian dan para petani yang telah bekerja keras untuk melaksanakan penanaman Padi,”tukasnya.

Turut hadir, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Yakob S. Fonataba, Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kasdim XVIII Kasuari,  dan Kapolres Manokwari Selatan serta para stekholder di Kabupaten Manokwari Selatan.

 


Berita Terkait