Papua Barat Masuk 5 Besar Dari 34 Provinsi, Penghargaan Menanti Atlit Berprestasi

Oleh Redaksi

03 May 2021 20:10 1629 VIew

''Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari Hermus Indou, Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol. Semmy Ronny Thabaa dan Ketua Harian KONI Daud Indouw saat berfoto bersama para Atlit''

MANOKWARI, ARFAKNEWS – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan melaunching Pemusatan Latihan Daerah (PUSLATDA) Peserta PON XX Provinsi Papua Barat dengan melepaskan 26 Cabang Olahraga untuk treaning selama 3 bulan guna mengikuti PON XX pada akhir September hingga awal Oktober 2021 mendatang di Provinsi Papua.

Gubernur meminta para atlit untuk sportif mengikuti pelatihan dengan penuh tanggung jawab, guna mengharumkan nama Papua Barat dalam Iven PON XX.

Kita harus tunjukan bahwa prestasi olahraga di Tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua Barat, kita juga bisa, bisa dan bisa,”Kata Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan

Gubernur Mandacan menerangkan, PON XX 2021 berbeda dengan PON sebelumnya, karena dilaksanakan ditengah masa Pandemi namun Prestasi Papua Barat masuk nominasi 5 besar dari 34 Provinsi di Indonesia.

Papua Barat masuk rangking 5 dari 34 Provinsi di Indonesia dari jumlah Cabor yang lolos PON XX tahun 2021.

“Dari 34 provinsi, Papua Barat urutan 5 besar, padahal sebelum – sebelumnya, peserta PON Papua Barat dibawa belasan Cabor namun saat ini Papua Barat bisa mengirim 26 Cabor masuk dalam PON XX 2021. Luar Biasa, beri apresiasi (dukungan) kepada para atlit kita,”kata Gubernur Papua Barat

Kepada anak – anakku, kami harap jangan menuntut apa yang diberikan, melainkan apa yang harus diberikan kepada masyarakat di Provinsi Papua Barat.

"Saya pastikan, jika Anda (Atlit) berprestasi pasti mendapat penghargaan. Sekali lagi, saya sampaikan jika anda (atlit) berprestasi pasti mendapat penghargaan,”Kata Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan saat melauncing Puslatda di Lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin (3/5 2021).

Gubernur lalu meminta dukungan doa dari seluruh masyarakat di Provinsi Papua Barat. Kami minta dukungan doa dari semua pihak, baik masyarakat, pemerintah, tokoh agama, orang tua, maupun para atlit dan pelatih agar dari 26 Cabor yang lolos bisa mengikuti PON XX dengan baik.

Kepada anak – anakku sekalian, saya harap kalian selalu rajin berdoa, bekerja dan berlatih serta dengar – dengaran pada orang yang lebih tua dan berpengalaman, baik itu pelatih maupun Official. Selalu berdoa kepada Tuhan dan jangan pernah putus asa, jadilah Patriot Olahraga Provinsi Papua Barat, dengan memiliki semangat juang yang tinggi, mengangkat harkat dan martabat jati diri anak – anak Papua di Tanah Papua, di Provinsi Papua Barat.

Selanjutnya, Ketua Harian KONI Papua Barat Daud Indouw mengatakan dari 34 cabang olahraga di Provinsi yang mengikuti seleksi Pra PON namun yang dinyatakan lolos oleh Pengurus Besar Pusat dan Panitia Besar PON XX sebanyak 26 Cabor.

Jumlah Atlit dari 26 Cabor ini sebanyak 243 Orang, ditambah dengan Official 133 orang sehingga jumlah total kontingen Papua Barat yang akan mengikuti PON XX 2021 sebanyak 376 orang.

Sementara, dalam melaksanakan Pemusatan Latihan bagi 26 Cabor Papua Barat digelar di beberapa daerah baik di tanah Papua maupun di Jawa.

“Pelaksanaan Puslatda PON Provinsi Papua Barat dilaksanakan di Manokwari, Sorong, Jakarta, Bali, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jayapura.

Cabang olahraga yang berlatih di Manokwari diantaranya, Muaythai, Panahan, Angkat Berat, Atletik dan Karate. Di Kota Sorong yakni, Judo, Kempo dan Selam. Sementara Cabor yang berlatih di Jakarta yakni Softball (Putra/Putri), Hockey Indoor (Putra/Putri), Bola Volly Putri, Renang, Bilyar, Terjun Payung, Tenis Lapangan, Bulu Tangkis, Senam, Sepak Bola, Catur, Sepatu Roda, Pencak Silat, dan menembak.

Cabang olah raga yang berlatih di Bali yakni Layar dan Cabor yang berlatih di Jawa Barat yakni Bermotor, Tinju, Bola Volly Putra. Selanjutnya, Cabang olah raga yang berlatih dijawa Timur yakni Bermotor dan Hockey Outdoor serta cabor yang berlatih di Jayapura yakni Dayung,”jelasnya.


Berita Terkait