Ketua Alumni UNIPA Komit Bangun Aula IKA Dan Revitalisasi Struktur Dukung Akreditasi Unipa

Oleh Redaksi

05 May 2021 00:05 705 VIew

''foto bersama Ketua IKA Unipa, Ir. Petrus Kasihiw dan Rektor Unipa, Dr, Mecky Sagrim serta sejumlah alumni Unipa''

MANOKWARI, ARFAKNEWS – Ketua Ikatan Alumni Universitas Papua, Ir. Petrus Kasihiw berkomitmen menyelesaikan pembangunan Gedung Audiotorium (Sekretariat) Alumni Unipa yang direncanakan peletakan Batu Pertama Pembangunannya di Tahun 2021.

Selain itu, dia juga bakal melakukan revitaliasasi Ikatan Alumni dengan mendirikan pengurus regional maupun pengrus daerah baik di Provinsi papua, Papua Barat maupun di Luar Papua.

Saya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bapak Rekotor Unipa kepada saya di Bintuni pada bulan lalu, sekaligus beliau meminta saya untuk merevitaliasi Ikatan Alumni Unipa.  Hingga kini IKA Unipa belum berjalan  maksimal.

Salah satu agenda terpenting organisasi adalah bagaimana melantik pengurus tingkat regional.”Ada regional Papua, Papua Barat, Jabotabek dan beberapa tempat lainnya, termasuk membentuk pengurus IKA ditingkat Kabupaten/Kota melakukan pendataan alumni guna mendukung proses akreditasi Unipa,” Kata Ketua Alumni Unipa, Ir, Petrus Kasihiw usai menggelar Silahturami dan Buka Puasa bersama dengan Alumni Unipa bersama sivitas akademika di Aula Unipa Manokwari, Selasa (4/5/2021).

Kasihiw menjelaskan beberapa agenda yang sudah dikerjakan dalam kepengurusan periode 2018 – 2022, dan salah satu yang mesti di kerjakan dalam tahun ini, yakni pembangunan sekretariat (audiotorium) Ikatan Alumni Unipa.

Tempat itu diharapkan menjadi center untuk menyiapkan informasi bagi alumni Unipa maupun menjadi tempat berkumlnya alumni dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan Kampus Unipa. Karena itu,  melalui silahturami buka Puasa bersama, saya harap menjadi momentum mempererat teman – teman alumni Unipa yang sudah tersebar di seluruh Tanah Papua, sudah menjadi pejabat – pejabat besar di Tanah maupun di luar Papua.

Jadi yang jelas, program strategis yang akan dilakukan yakni meletakan batu pertama pembangunan Gedung Audiotorium IKA Unipa dan pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Unipa di Fakfak, Jayapura, dan Merauke yang sudah siap untuk dilantik. Selain itu, kita juga membangun jejaring dengan teman – teman Unipa untuk membangun Website IKA Unipa, membuka rekening bersama Donasi dalam rangka pembangunan Audiotorium IKA Unipa, tetapi juga rekening sumbangan wajib bagi alumni.

Hal ini dilakukan agar informasi alumni bisa diakses, sebab kalau sudah bisa diakses maka tim aksesor akreditasi akan melihat dari situs yang ada, dan memantau perkembangan alumni di lapangan. IKA alumni juga siap mendukung program Bapak Rektor dan sivitas akademika Universitas Papua.

Kaitan dengan pelaksanaan Akreditas, Kasihiw mengaku akan berkordinasi dengan Rektor terkait dengan tugas IKA Unipa dalam upaya proses akreditasi institusi maupun Fakultas – Fakultas di Unipa.

Rektor Unipa, Dr. Mecky Sagrim mengatakan salah satu item penting dalam proses akreditasi ialah keterlibatan alumni dalam melakukan akreditasi.

Salah satu poin penting dalam proses akreditasi adalah peran Alumni. Dalam  Ikatan Alumni dibentuk pusat pengembangan dan promisi lulusan. Hal itu sama seperti UGM, karena mereka punya pusat pengembangan alumni, mereka merevitaliasi ikatan alumni, dan membentuk cabang – cabang diseluruh Indonesia untuk mempromosikan lulusan  sehingga status UGM sebagai PTN BH urutan pertama di Indonesia.

UNIPA ini beda jauh,  tidak masuk Rangking 50 besar  bahkan 200 besar saja belum masuk karena tidak miliki akreditasi Institusi. Karena itu, dalam kepemimpinan kami saat ini, kami menjaga hubungann baik dengan IKA Unipa yang sudah bersedia mendukung Unipa dalam proses akreditasi.

Pak ketua ini luar biasa, walaupun sebagai seorang pemimpin di Daerah Teluk Bintuni, dan disibukan dengan tugas – tugasnya sebagai seorang Bupati, namun yang belum bisa sempatkan diri untuk melaksanakan silahturami dengan alumni Unipa bersama sivitas akademika.

Selanjutnya, rektor mengatakan bahwa Timeline proses akreditasi Unipa akan dilaksanakan pada november 2021. Kita sudah dikirim lewat sistem akreditasi perguruan tinggi, nanti asesment lapangan bisa dilakukan di tahun depan. Hal ini mesti dilakukan agar ada jaminan bagi lulusan Unipa untuk mau mendafatar di Kementerian, maupun lembaga.

Selesai lebaran saya akan berkunjung ke Jayapura Papua, saya akan minta kepada seluruh cabang – cabang IKA Unipa di Papua harus ada temu, ikatan alumni Unipa di sana untuk mempersiapkan mereka punya organiasi IKA Unipa disana.

Kami harapkan setiap ikatan di masing – masing daerah itu mendata, dan memberikan masukan kepada Unipa terkait perkembangan lulusan di daerah dan outputnya di masyarakat. Apakah benar – benar ilmu yang dimiliki difungsikan atau tidak.

Karena itu, berhubung sekretariat belum dibangun maka saya akan berupaya siapkan ruangan alamni di Rektorat Unipa untuk digunakan sebagai sekretariat Ikatan Alumni Unipa. Saya harap, segera dibentuk pusat Informasi pengembangan lulusan, dengan menyediakan informasi alumi guna digunakan untuk melengkapi persyaratan akreditasi Unipa.


Berita Terkait