Lantik Ketum IRAFU, Kasihiw Harap Bersama IKA Dukung Pembangunan SDM Unipa

Oleh Redaksi

27 June 2021 21:01 483 VIew

''Ketua Umum IKA Unipa, Ir. Petrus Kasihiw Lantik Ketua IRAFU Unipa''

Manokwari, arfaknews - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Papua (DPP. IKA-UNIPA), Ir. Petrus Kasihiw, MT, melantik Kepengurusan Ikatan Rimbawan dan Alumni Fahutan Unipa (IRAFU) periode 2021-2024 yang diketuai Jimmy W. Susanto, S.Hut, MP bertempat di Gedung Merah – Kampus Fahutan Unipa Amban. (Sabtu, 26/06)

Setelah melangsung Musyawarah Besar (Mubes II) IRAFU selama dua hari tanggal 25 dan 26 Juni 2021 diakhiri dengan pelantikan pengurus IRAFU serta  Temu Kangen dan Malam Rimbawan. Jimmy W. Susanto yang dibantu  Ketua I (Hans Z. Peday, S.Hut., M.Si) Ketua II (Ir. Evi Makabory) dan Sekjend (Altar Sawaki, S.Hut., M.Si), maupun Sekretaris  I (Benyamin M. Sawor, S.Hut) dan Sekretaris II ( Reynold Kesaulija, S.Hut., M.Si);  Bendahara (Dr. Susan Trida Salossa, S.Hut., M.Sc dan Wakil Bendahara (Deassy J. Adam, S.Hut). 

Pengurus ini di dukung oleh Lima (5) Departemen, yaitu: Dept. Organisasi dan Keanggotaan (Koord. Fallen Baransano, S.Hut); Dept. Penelitian dan Pengembangan (Koord. Krisma Lekitoo, S.Hut., M.Sc); Dept. Sosial, Ekonomi dan Kesejahteraan (Koord. Sena Aji Bagus, S.Hut); Dept. Infokom (Koord. Zainal, S.Hut) dan Dept. Usaha Dana (Koord. Yosis Napo, S.Hut).

“Selaku Ketua Umum DPP. IKA-UNIPA , saya menyampaikan selamat dan sukses serta  mengapresiasi dan berterimakasih atas kebersamaan serta kekeluargaan para Rimbawan dan alumni Fahutan Unipa yang terbukti dengan suksesnya pelaksanaan Mubes II IRAFU dan dilantiknya kepengurusan IRAFU saat ini. Selain itu, dengan dilantiknya kepengurusan IRAFU membuktikan bahwa alumni tetap ada terus bersama kampus tercinta dan pemerintah serta masyarakat membangun Tanah Papua. Momentum ini, menjadikan bukti sejarah bahwa investasi pendidikan menjadi penting, selain dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan juga dalam mendukung "rumah besar Unipa" menuju akreditasi institusi yang kita harapkan bersama. “ harap Kasihiw.

Lebih lanjut, Kasihiw berpesan agar pengurus IRAFU yang baru dilantik mampu berkarya dengan menggerakkan potensi yang dimiliki. Dirinya,  juga berharap roda organisasi ini terus berjalan secara baik dan bertanggung jawab atas semua rencana dan program yang akan dilaksanakan sesuai visi dan misi organisasi. Pada kesempatan itu juga agar kepengurusan IRAFU melaksanakan tertib administrasi sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara baik. 

Berbagai Program yang harus dituntaskan hingga berakhir masa jabatan di tahun 2022, diantaranya data base alumni melalui pengisian aplikasi (   https://s.id/IKAUNIPA ), pembentukan pengurus DPC. IKA Unipa di Kabupaten / Kota / perwilayahan / profesi dan pembangunan Auditorium alumni menjadi prioritas sehingga diharapkan dukungan alumni menjadi penting. Semua ini menuju pada Rapat Kerja II (dua ) di Kota Sorong pada akhir tahun 2021 dan Mubes III (Tiga) DPP. IKA UNIPA pada bulan November 2022 bertepatan dengan Dies Natalis Unipa dan Expo Pendidikan.

Pada acara ini juga, dilakukan penyerahan cinderamata kepada stakeholder yang telah memberikan dukungan, maupun kepada pelaku sejarah kehadiran Organisasi IRAFU,  serta cinderamata juga diberikan kepada Ir. M.J. Tokede, MS atas jasanya menjadikan nama IRAFU hingga saat ini nama IRAFU dipakai. 

Selanjutnya, Ketua Umum IRAFU periode 2021-2024, Jimmy W. Susanto, mengatakan bahwa kepercayaan yang diberikan memimpin organisasi IRAFU, merupakan amanah yang harus dilaksanakan untuk kejayaan Almamater Rimbawan maupun Almamater Unipa tercinta dengan dukungan penuh alumni melalui wadah Ikatan Keluarga Alumni Unipa (IKA-UNIPA). 

“kehadiran IRAFU tidak terlepas dari bagaimana membawa Rimbawan dan alumni Fahutan Unipa menuju kejayaan, tentunya IRAFU juga siap mendukung dan bersama-sama IKA-UNIPA membantu terkait  akreditasi institusi yang selama ini belum terselesaikan dan terus berkarya diatas Tanah Papua untuk kesejahteraan masyarakat dan pada umumnya UNIPA untuk Indonesia ” Jelas Jimmy

Sementara Itu, Dekan Fakultas Kehutanan Unipa, Dr. Johni Marwa, S.Hut., M.Si, mengapresiasi kegiatan MUBES II IRAFU yang dilakukan selama dua  (2) hari tersebut dapat berjalan lancar dan tertib tentunya dengan dukungan semua pihak terutama Rimbawan, alumni, almamater dan Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Papua Barat, Para Bupati dan Walikota setanah Papua. 

“ kegiatan MUBES II IRAFU telah selesai dan telah terbentuk kepengurusan yang baru sehingga diharapkan dapat bersinergi secara baik dalam memberikan kontribusi yang nyata bagi dunia kehutanan. Selain itu dapat memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua maupun kepada 
rimbawan, alumni dan almamater serta pemerintah daerah. Terimakasih untuk semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan MUBES II IRAFU”. Tutur Marwa.

UNIPA merupakan perguruan tinggi yang konsisten membangun kualitas sumber daya manusia, khususnya di Tanah Papua. Hingga saat ini Unipa telah menghasilkan puluhan ribu alumni yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga di luar negeri. Dengan berbagai profesi, para alumni secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan sumbangsih yang cukup besar bagi pembangunan di tanah Papua dan Nusantara, jelasnya. 


Berita Terkait