Kadis Pertanian PB Dukung Petani Lokal Tingkatkan Produktivitas Pertanian Di Papua Barat

Oleh Redaksi

28 June 2021 14:08 838 VIew

''Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Holtikultura, Yakob Fonataba saat meninjau Lahan Pertanian masyarakat Lokal di Manokwari''

Manokwari, arfaknews - Kepala Dinas Perkebunan tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Papua Barat, Yakop Fonataba 
meninjau lansung lahan perkebunan masyarakat  Lokal Papua di Kabupaten Manokwari Papua Barat. 

"Saya memberikan apresiasi kepada Robert Rumsayor, atas inisiatifnya telah membuka lahan perkebunan seluas 3 hektar," kata Yacop kepada media ini di Manokwari. 

Dia mengatakan, pihaknya datang menyaksikan proses pengelolahaan lahan perkebunan yang dilakukan  dengan menggunakan teknologi Pertanian. 

"Alat mekanisasi pertanian bagus sangat cepat menggarap lahan pertanian. Dia berharap para petani lokal terus meningkatkan produkvitas tanaman pangan lokal di Manokwari, Papua Barat,"pintanya. 

Fonataba meminta, alat  mesin mekanisasi pertanian agar dipergunakan dengan baik sehingga menghasilkan produk tanaman lokal yang berkualitas guna meningkatkan pendapatan bagi petani lokal. 

"Saya yakin dan optimis bahwa, petani lokal di Manokwari menghasilkan produk perkebunan lokal berkualitas. Hal ini kita harapkan sehingga tanaman pangan lokal dapat diekspor ke lokal, nasional hingga internasional," tuturnya. 

Ia berharap, semua stackholder di Papua Barat bisa membantu sehingga rencana pengembangan yang di lakukan petani milenial akan terwujud di Provinsi Papua Barat 

Selanjutnya, Robert Rumsayor menyebutkan, lahan pertanian seluas 3 hektar kami mencoba menggunakan alat mekanisasi mempersingkat waktu kerja. Kami berupaya meningkatkan produksi perkebunan baik dengan mengunakan alat tersebut. 

"Alat ini bagus untuk mempermudah petani menggarap lahan perkebunan dengan cepat. Selain itu menekan biaya kerja dengan menggunakan fasilitas pertanian di Manokwari," ungkapnya. 

Simon Tabuni, pemilik Anggi Mart salah satu tokoh sayur di Manokwari menjelaskan, pihaknya siap menampung produk pertanian yang di hasilkan oleh kembangkan oleh petani lokal, salah satunya dari pak Robert Rumsayor. 

"Sehingga ke depan hasil kebunnya meningkatkan pendapatan ekonomi bagi keluarga. Kita harapkan para petani lokal di Papua Barat mari kita ciptakan lahan perkebunan sehingga meningkatkan ekonomi,"tandasnya. 


Berita Terkait