Rakerda KNPI Pegaf, Pemuda Diminta Bersatu Mengisi Pembangunan Di Pegaf

Oleh Redaksi

30 August 2021 22:08 1123 VIew

''Foto bersama DPD KNPI Kabupaten Pegunungan Arfak bersama Pengurus Fungsionaris DPD KNPI Papua Barat di Kabupaten Pegunungan Arfak''

Manokwari, arfaknews - Ketua DPD KNPI Papua Barat, Sius Dowansiba minta Pemuda KNPI Kabupaten Pegunungan Arfak bergandengan tangan dalam  mengawal dan mengisi pembangunan di Kabupaten Pegunungan Arfak. 

"Pemuda Pegaf harus bersatu, 
berkolaborasi dalam ber-KNPI, tawarkan ide dan Gagasan untuk membangun masyarakat," Kata Sius saat membuka Rapat Kerja II DPD KNPI Kabupaten Pegunungan Arfak, Senin (30/8/2021). 

Sius menjelaskan kehadiran Kabupaten Pegaf untuk kepentingan masyarakat pegaf seutuhnya, bukan kepentingan pribadi, suku maupun kelompok tertentu tetapi kebupaten Pegaf hadir untuk menjawab kebutuhan suku besar Arfak. 

Oleh karena itu, pemuda sebagai tulang punggung pembangunan dan harapan bangsa harus menjaga pemerintahan ini dengan baik, menjaga semua perangkat organisasi yang berkolaborasi didalamnya, termasuk KNPI. 

"Pemuda harus berbenah, tinggalkan minuman keras dan aksi - aksi kekerasan. Pemuda mulai persiapkan diri untuk menjadi pemimpin di hari esok,"ujarnya.

Saya berharap melalui Raker ini, pemuda Pegaf melahirkan pokok - pokok pikiran yang bisa didorong  kepada pemerintah daerah kabupaten pegaf dalam rangka pembangunan Kabupaten Pegunungan Arfak kedepan. 

Hari ini, kata Sius "Pemuda Pegunungan Arfak harus bangkit menjual ide dan gagasan dalam membangun Tanah Papua, secara khusus membangun Pegaf. Negri ini menantikan kalian untuk memimpinnya. 

Sius menambahkan, Pegaf memiliki potensi sumber daya yang belum dikelola secara maksimal, baik sektor pariwisata, pertambangan, mineral, serta potensi hutan, dan potensi - potensi lainnya. 

Karena itu, pemuda harus persiapkan diri secara baik untuk membangun Pegaf. Persiapkan diri untuk menjadi tuan di negeri sendiri, dengan cara mengelola potensi - potensi yang dimiliki oleh negeri ini. 
 
Harapan saya, pemuda sudah harus mulai mengembangkan ide dan gagasan untuk mengembangkan diri dalam dunia usaha dan bisnis karena pegaf kaya akan potensi sumber dayanya.

Pegaf Ibarat seperti singa yang sedang tertidur. Kamu-lah (Pemuda Pegaf)  yang harus membangkitkannya melalui pertarungan ide dan gagasan dalam pembangunan,"harapnya.

Lebih lanjut, Ketua DPD KNPI Papua Barat ini minta OKP/OKPI ditingkat Provinsi untuk membuka Cabang dan anak Cabang di Kabupaten Pegunungan Arfak.

"Saya harap OKP/OKPI yang ada di tingkat Provinsi  agar mendirikan Cabang atau anak Cabang di Kabupaten Pegunungan Arfak agar menjadi pilar dalam memajukan Pemuda di Kabupaten Pegunungan Arfak,"tukasnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pegunungan Arfak, Dominggus Saiba mengatakan Pemerintah Daerah akan terus mendukung Pemuda -  dalam mengembangkan ide kreatif dan inovatif dalam membangun masyarakat. 

Pemerintah dengan keterbatasan anggaran yang ada pasti memberi bantuan kepada semua lembaga kemasyarakatan, baik lembaga keagamaan, Lembaga Sosial termasuk KNPI. 

Mengingat APBD kita turun minus disaat Pandemi Covid 19. Tapi pemerintah terus mendukung kegiatan - kegiatan KNPI Pegunungan Arfak. 

Mewakili bapak Bupati, kami minta Pemuda Arfak harus bersatu, bahu - membahu dalam membangun daerah. 

Kabupaten Pegunungan Arfak, adalah milik anak - anak Arfak. Didalamnya ada sub suku Sough, Hatam, Mole dan Meyah. Kabupaten ini hadir untuk persatukan kita, bekerja bersama dalam membangun daerah. 

Bekerja bersama dalam mengembangkan Pemuda di dalam Organisasi KNPI. Jangan ada yang berfikir karena orang Meyah yang pimpin, jadi yang lain tidak usah dukung. Saya harap, tidak ada pikiran - pikiran tersebut dalam wadah pemuda KNPI. 

Kami harap semua pemuda harus bahu membahu, saling mendukung dalam membangun daerah. Generasi muda Arfak harus bersatu, membangun daerah ini kedepan. 

Saya ingatkan, jangan suka mabuk, dan melakukan hal-hal yang merusak masa depan kita. Rajin beribadah, dengar - dengaran, laksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggungjawab agar kedepan kalian menjadi pemimpin di Negeri ini. 

Harapan saya, adik - adik Pemuda ikuti kegiatan ini dengan baik sampai selesai, demi mengisi pembangunan di kabupaten ini kedepan. 

Turut hadir dalam Rakerda II DPD KNPI Kabupaten Pegunungan Arfak, Sekretaris DPD KNPI Papua Barat, Jimmy J.Liunsanda, dan  sejumlah pengurus Fungsionaris DPD KNPI Papua Barat. 

 

 


Berita Terkait