Gubernur Titip Pesan Pembangunan Kepada Pemuda Karang Taruna Papua Barat

Oleh Redaksi

17 September 2021 13:01 722 VIew

''Gubernur Drs. Dominggus Mandacan, M. Si bersama Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, saat menghadiri Temu Karya Daerah I Karang Taruna Provinsi Papua Barat''

Manokwari, arfaknews - Gabernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M. Si secara resmi membuka acara Temu Karya I Karantaruna Papua Barat, Jumaat (17/9/2021).

Gubernur Papua Barat, mengatakan Karang Taruna merupakan sebuah organisasi sosial kepemudaan  yang memiliki peran sangat penting dalam melakukan pembinaan dan pengembangan pemuda pada berbagai aspek sekaligus menjadi forum bagi pemuda dan masyarakat dalam menyalurkan aspirasi mereka.

Saya berpesan kepada pemuda di Papua Barat untuk segera mendirikan cabang Karang Taruna di tingkat Provinsi, di tingkat Kabupaten/Kota, di tingkat Distrik maupun di tingkat Kelurahan dan kampung untuk berperan serta dalam membangun kesadaran dan tanggungjawab bersama terhadap permasalahan sosial di masyarakat demi mendukung pembangunan di daerah,"kata Gubernur Papua Barat, saat membuka Acara Temu Karya I Karang Taruna Papua Barat di salah satu Hotel di Manokwari, Jumaat (17/9/2021).

Gubernur menerangkan, dengan hadirnya wadah Karang Taruna di Provinsi Papua Barat, tentu kita syukuri bersama karena merupakan forum bagi anak - anak muda  Papua untuk berkarya rangka meningkatkan pembangunan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Saya minta agar forum ini tidak hanya tingkat Provinsi saja tetapi harus dibuka cabangnya di tingkat Kabupaten/Kota, guna membantu pemerintah dalam upaya mendukung program pembangunan di Nasional.

Karang Taruna secara berjenjang membangun kemitraan dengan  pemerintah daerah Kabupaten/Kota, pihak swasta, akademisi, tokoh adat, agama, perempuan dan stekholder terkait demi menciptakan keselarasan dan kesamaan persepsi dalam mendukung pembangunan di daerah.

Selanjutnya Orang nomornya satu di Papua Barat ini memberikan apresiasi kepada Pemuda Papua Barat yang telah bekerja keras mendirikan Karang Taruna Papua Barat sebagai salah satu forum pemuda dalam mendukung dan mensukseskan pembangunan di daerah.

Pemerintah Provinsi Papua Barat mendukung kegiatan - kegiatan positif pemuda, termasuk Karang Taruna Provinsi Papua Barat. Harapan kami, pemuda turut berpartisipasi mendukung program - program pembangunan di daerah,"tukasnya.

Lebih Lanjut, Plt. Ketua Karang Taruna Papua Barat, Armando Erdorway mengatakan Temu Karya Daerah I Karang Taruna Provinsi Papua Barat merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi di tingkat daerah dalam rangka melakukan revitalisasi dan restrukturisasi Karang Taruna di Provinsi Papua Barat.

Kegiatan ini diberi Tema, revitalisasi Karang Taruna menuju penguatan sumber daya Manusia yang Berdaya Saing.

Melalui Temu Karya ini, kita akan memilih Ketua Karang Taruna Provinsi Papua Barat, dan pengurus Karang Taruna se Papua Barat.

Setelah Temu Karya, kita akan melakukan  Rapat Kerja Karang Taruna se Provinsi Papua Barat untuk membahas program - program organisasi Karang Taruna di Papua Barat baik jangka panjang dan jangka Pendek.

Terutama melakukan konsolidasi Organisasi untuk membentuk Karang Taruna baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota, hingga distrik, kelurahan dan Kampung.

Diharapkan  kepada seluruh pemuda Karang Taruna yang hadir dalam Temu Karya Daerah I Karan Taruna Papua Barat agar kita suksesksan kegiatan ini.

Sebagai Plt. Ketua Karang Taruna Papua Barat, saya minta kepada teman - taman Karang Taruna di 13 kabupaten/Kota agar yang belum lakukan Temu Karya, segera bentuk guna mendorong program - program organisasi di daerah.

Pemuda Karang Taruna mesti miliki semangat kerja sebagai pemuda yang berbakti. Dalam bahasa Wamesa biasa disebut "Tananaripi Sosanebeysen,(Bekerja Keras untuk hati senang)". Karena itu, sebagai pelaksana tugas, saya berharap pemuda harus bekerja keras mendukung pemerintah dalam mewujudkan pembangunan di daerah,"harapnya.


Berita Terkait