Armando Edorway Nahkodai Karang Taruna Papua Barat, Bakal Dorong Pemuda Entrepreneur dan Inovatif

Oleh Redaksi

17 September 2021 18:08 1159 VIew

''Armando Edorway, Ketua Karang Taruna Papua Barat''

Manokwari, arfaknews - Armando Edorway terpilih secara aklamasi dalam Temu Karya Daerah I sebagai Ketua Karang Taruna Papua Barat periode 2020 - 2025, Jumaat (17/9/2021). 

Selain mengesahkan Ketua Karang Taruna Terpilih, Forum juga merekomendasikan untuk persiapkan Pelantikan pengurus Karang Taruna Papua Barat yang direncanakan pada September atau Oktober 2021 mendatang. 

"Jika Pelantikan  dalam waktu dekat, maka pelaksanaan Rakerda Karang Taruna di Raja Ampat direncanakan pada 10 November 2021 mendatang,"kata Ketua Terpilih Armando Idorway

Amando juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat yang telah mendukung pelaksanaan Temu Karya Daerah I Karang Taruna Papua Barat. 

Terima kasih kepada Gubernur Papua Barat, Bapak Dominggus Mandacan dan Bapak Pangdam XVIII/Kasuari yang telah mendukung kegiatan Karang Taruna Papua Barat. 

Terima kasih juga disampaikan kepada kepala Dinas Sosial Papua Barat, Bapak Lasarus Indou dan Ketua Fraksi Golkar Papua Barat, Makx Hehanussa yang telah mendukung dan mensuport Karang Taruna Papua Barat. 

Dan ucapan terima kasih kepada peserta Temu Karya Daerah I dari 13 Kabupaten/Kota se Papua Barat yang mempercayakan saya sebagai Ketua Karang Taruna Papua Barat pertama di Papua Barat,"ujarnya.

Sebagai ketua terpilih, Armando siap galakan berbagai program untuk mengembangkan Organisasi Karang Taruna, dan  menggelar berbagai kegiatan untuk membina kreatifitas dan karya inovatif Pemuda di Papua Barat.

Anak sulung dari Dominggus Idorway dan Ocelin Awom ini berkomitmen untuk terus mendorong pemuda Papua Barat sebagai agent of changes yang berjiwa enterpreneur dalam mengembangkan sumber - sumber potensial di Papua Barat. 

Saya bertekad dalam 5 Tahun masa kepemimpinan ini, saya akan mendirikan pengurus Karang Taruna di 1742 Kampung (Desa) , 106 Kelurahan, 216 Distrik (Kecamatan) dari 13 Kabupaten/Kota di Papua Barat,"Kata Pria kelahiran Manokwari, 6 Juni 1991 ini. 

Selain program internal organisasi, Armando juga bakal menggalakan program - program pembinaan Anak Muda Papua yang sifatnya jangka Panjang dan Menengah. 

Karang Taruna akan membangun Kemitraan dengan Pemerintah, dengan Dinas Sosial, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan dan berbagai intansi vertikal, termasuk BUMN dan BUMS di Papua Barat dalam upaya membina Pemuda Papua Barat. 

Dia berharap, berbagai program Karang Taruna harus mampu mengisi pangsa pasar di daerah. Diantaranya, Pemuda Karang Taruna berkebun, program Karang Taruna pelatihan dan pengembangan sumber daya Manusia, melalui pelatihan - pelatihan yang sifatnya Soft skill untuk menambah pengetahuan dalam mengembangkan minat dan bakat, baik di dunia perbengkelan, pertukangan, Komputer dan lain - lain melalui pelatihan terpusat di Balai Latihan Kerja Sorong. 

Karan Taruna juga akan membangun Kemitraan dengan TNI/POLRI agar ikut mempersiapkan Sumber Daya Manusia Papua, melakukan pembinaan - pembinaan kepada Pemuda Papua, persiapkan mereka untuk ikut seleksi Bintara TNI/Polri.

Selain itu, Karan Taruna juga harus mampu menggelar Kegiatan Pelatihan Tes CAT SKD persiapkan Generasi Muda Papua yang berjiwa menjadi Abdi Negara  agar saat seleksi CASN mereka sudah dibina untuk ikut seleksi. 

Karan Taruna juga akan mendorong dan merekomendasikan kepada Dinas Pendidikan Papua Barat untuk mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan khusus untuk Jurusan Sosial, agar mereka disiapkan untuk menjadi pekerja sosial. 

Armando menambahkan Pemuda Papua Barat memiliki berbagai kemampuan, namun belum dikelola secara optimal, sebab tidak ada daya yang bisa menggerakan semangat mereka. 

Kami berharap adanya peraturan Gubernur Papua Barat yang menginstruksikan agar Dana Otsus 10 persen dialokasikan untuk mengembangkan potensi pemuda di Papua Barat. 

Kami juga minta agar, bantuan Dana kepada Distrik, Kelurahan hingga Desa, dipotong 15 persen untuk pembangunan pemuda di setiap Kampung, Distrik, dan Kelurahan,"tukasnya.


Berita Terkait