Rakornis Biro Administrasi Pembangunan Diharapkan Wujudkan Visi Papua Barat

Oleh Redaksi

22 September 2021 23:10 121 VIew

''Foto bersama Stekholder dan peserta Rakornis Biro Administrasi Pembangunan Setda Papua Barat''

Manokwari, arfaknews - Gubenur Papua Barat melalui Asisten Bidang Administrasi Pembangunan Setda Papua Barat, Reymon Richard Hendrik Yap SE, MTP, membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Tata Kelola Analisis administrasi pembangunan di Provinsi Papua Barat. 

Yap menjelaskan, ada sebuah visi besar Gubernur yang perlu diwujudkan nyatakan terutama oleh organisasi perangkat Daerah. 

Visi ini bisa terwujud dengan baik apabila ada sinergitas antara OPD baik di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota di Papua Barat. 

Kami berharap Rakornis Biro Administrasi Pembangunan di hari ini menjadi Ajang Evaluasi, bagaimana kita mengukur capaian - capaian kinerja yang selama ini sudah dilakukan baik oleh OPD di tingkat Provinsi maupun di Kabupaten/Kota sehingga akan terbangun hubungan kerja yang baik, dalam rangka mewujudkan visi besar pembangunan Papua Barat.

Bapak Gubernur sedang mendorong program - program strategis terutama di bidang peningkatan sumber daya Manusia (IPM) . Melalui Rakornis bagaimana menyiapkan anak - anak Papua untuk maju kedepan dengan membangun SDM yang kuat sebab tantangan kita kedepan akan semakin sulit. 

Kami berharap lewat Rakornis ini akan menghasilkan butir - butir rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh OPD - OPD baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Hal itu musti dilakukan  agar pembangunan bukan hanya urusan  Provinsi saja melainkan ada hubungan kerja yang baik antara Provinsi dan Kabupaten Manokwari.

Jadi pesan Bapak Gubernur agar bagaimana kita bersama - sama, baik di tingkat Provinsi Papua Barat maupun di tingkat Kabupaten/kota untuk wujudkan visi besar pembangunan Papua Barat lebih maju kedepan. 

Senada, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Papua Barat, Onasis P. Matani menambahkan target dari Rakornis ini adalah evaluasi dan monitoring tata kelola Pembangunan di Provinsi maupun Kabupaten/Kota sehingga adanya sinergitas antara Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Kami harap melalui rakornis yang dihadiri oleh OPD - OPD dari Kabupaten/Kota melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja  pembangunan yang dilakukan oleh OPD-OPD baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Melalui pertemuan ini diharapkan mendapat tanggapan dari para Kabupaten/Kota agar dilahirkan beberapa rekomendasi dan dibentuk tim evaluasi administrasi pembangunan. 

Terutama dalam menata administrasi untuk meningkatkan IPM Papua Barat. Karena itu, melalui Rakornis seperti ini, diharapkan adanya inovasi - inovasi dalam pembangunan sehingga diintegrasikan dengan  semua sektor yang ada, sehingga terget IPM kita bisa meningkat secara bertahap. 

 

 


Berita Terkait