Bazar UMKM Bhayangkari Polda Papua Barat, Tampilkan Berbagai Produk Ekonomi Kreatif Bakal Dirilis Ke Pasaran

Oleh Redaksi

02 October 2021 14:11 583 VIew

''Pengurus Bhayangakari Polda Papua Barat''

Manokwari, arfaknews - Pengurus Bhayangkari  Polda Papua Barat mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Papua Barat dengan menampilkan berbagai produk ekonomi kreatif.

Pengembangan UMKM dalam rangka meningkatkan pendapatan ibu - ibu Bhayangkari tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah situasi Pandemi Covid 19.

Ketua Bhayangkari Daerah Polda Papua Barat, Ny. Martha Tornagogo Sihombing mengatakan UMKM Bhayangkari salah satu program pemberdayaan ekonomi kreatif yang diinisiasi oleh Bayangkari Pusat.

Tahun kemarin Program UMKM baru  pada Oktober 2020 di Pusat sehingga Kami pengurus  Bhayangkari di Daerah Papua Barat juga mengembangkan UMKM sesuai dengan kemampuan sumberdaya yang ada.

 "Tujuan UMKM Bhayangkari  ingin mengembangkan potensi perekonomian Bhayangkari, agar potensi Bhayangkari meningkat. Di samping itu, juga meningkatkan lapangan pekerjaan khusus di Papua Barat,"kata Ketua Bhayangkari, Ny. Martha Tornagogo Sihombing saat meninjau Kegiatan Bazar UMKM Bhayangakari di Polda Papua Barat, Sabtu (2/9/2021).

Martha menjelaskan pihaknya berupaya mendorong dan mengembangkan potensi yang tidak ada di luar daerah Papua Barat. Seperti hasil pertaniannya, hasil laut, keripik dari buah sukun, makanan, ubi dan aksesoris seni- seni kerajinan khas Papua Barat seperti noken, pakain, Batik rajutan dan berbagai aksesoris khas dari daerah ini.

UMKM juga berusaha mengelolah potensi sumber daya alam agar bisa dikembangkan, dijual keluar daerah Papua. Bahkan penjualan produk - produk ini secara digital bisa di pesan melalui online dan bisa dikirim kepada para konsumen,"ungkapnya.

Lanjut dia, setahun ini kami telah menerima pelatihan- pelatihan melalui webinar cara- cara penjualan produk melalui platform Facebook, atau  Instagram.

"Treaning tersebut adalah upaya untuk menunjang penjualan produk- produk UMKM dari Bhayangkari sehingga jualan hasil produk baik secara kemasan dan berbagai hasil produk  mudah diakses oleh para  konsumen untuk membelinya,"tuturya.

Selanjutnya, Ketua Bhayangkari Papua Barat ini mengungkap sebanyak  57 UMKM yang terdaftar di Bayangkari Pusat, namun khusus  untuk UMKM Bhayangkari di Papua Barat sebanyak 109 UMKM.

"UMKM - UMKM ini mengembangkan berbagai komuditi yakni makanan, kue, pakain, Batik, Tas, Aksesoris, Masker, kerajinan  dari kulit kerang, tempat tisu dan sebagainya,"ujarnya.

Dengan adanya digitalisasi maka penjualan produk bisa meluas, harapan kita bukan hanya di Papua Barat tapi bisa tembus ke  pasar nasional dan manca negara dengan harapan mendongrak perekonomian masyarakat di Papua Barat. Kami berharap dan mengajak masyarakat bisa mengembangkan potensi - potensi unggulan yang ada.

Martha berharap UMKM di Papua Barat terus berkembang dan bekerjasama dengan organisasi BKOW. Kita bersama mendongrak perekomian di Papua Barat.

"Bersatu dari ibu- ibu, sehingga perekonomian di Papua Barat semakin maju dan berkembang, apalagi ditengah situasi pendemi Covid 19 saat ini,"harapnya.

Kegiatan Bazar UMKM Bhayangkari se- Papua Barat merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Gerak Bhayangakari ke  69 Tahun yang bertemakan Polri Presisi, yang diikuti oleh pengurus Cabang Bhayangkari se- Papua Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Bhayangkari Papua Barat, Ny. Martha Tornagogo Sihombing, ketua cabang Bhayangkari Satbrimob, Ny.Hesty Ronny Thabaa dan Wakapolres Manokwari, Kompol Agustina Sineri dan berbagai pengurus Cabang Bhayangkari di Papua Barat.


Berita Terkait