Bertemu Dirjen Otda, MRP PB Usulkan Nataniel Mandacan Sebagai Karateker Gubernur

Oleh Redaksi

15 October 2021 10:11 2070 VIew

''Ketua Pansus Afirmatif Orang asli Papua MRP bersama Ketua Pokja Adat dan Agama menyerahkan usulan Karateker Gubernur kepada Dirjen Otonomi Daerah dan didampingi Direktur Otsus Kemendagri di Jakarta (15/10/2021) ''

Manokwari, arfaknews - Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat mengusulkan Dr. Nataniel Mandacan, M. Si sebagai Penjabat Karateker Gubernur Papua Barat mengisi 2 Tahun masa persiapan Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang.

Usulan itu disampaikan secara langsung kepada Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) melalui Dirjen Otonomi Daerah (OTDA) di Jakarta, pada Kamis 15 Agustus 2021.

Ketua Pansus Afirmatif Orang Asli Papua, Kelly Duwiri, MH., MM mengatakan usulan itu sebagai jalan tengah dalam meminimalisir konflik kepentingan dan gejolak sosial politik di Papua Barat menjelang Pemilihan Umum pada 2024 mendatang. 

"MRP Papua Barat menimbang, Dr. Nataniel Mandacan adalah sosok yang tepat menjadi Karateker Gubernur Papua Barat. Beliau adalah orang Pamong yang memenuhi kriteria sebagai esalon II memiliki perpengalaman dari sisi pemerintahan, dan juga sebagai sosok putra daerah yang memiliki pengaruh di masyarakat,"Kata Ketua Pansus Afirmatif orang Asli Papua MRP Papua Barat, Kelly Duwiri, MH, MM. 

Pertimbangan yang lain, kata Duwiri ialah Nataniel Mandacan akan pensiun dari masa pengabdian sebagai Sekda Papua Barat pada Desember mendatang, maka pengusulan beliau kembali sebagai Penjabat Karateker Gubernur sangat tepat agar dapat menjaga stabilitas roda pemerintahan di Daerah. 

Selain itu, Nataniel Mandacan juga dikenal sebagai sosok Kepala Suku Besar di Papua Barat, menjadi figur sentral yang bisa menjaga keharmonisan masyarakat adat dan stabilitas sosial Politik di Papua Barat menjelang pemilihan umum pada 2024 mendatang,"bebernya.

Kelly mengakui kehadiran dirinya bersama Sekretaris Afirmasi Orang Asli Papua MRP Papua Barat, Yulianus Thebu, S.Si.,M.Si, bersama Ketua Pokja Adat, Samuel Kambuaya,S.Sos dan Ketua Pokja Perempuan Christin Ayelo,SH bertemu Kemendagri di Jakarta sebagai upaya mencari solusi terbaik dalam meminimalisir gejolak sosial Politik menjelang pemilu 2024 mendatang. 

Kelly menambahkan Dirjen OTDA kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerima baik usulan tersebut, dan meminta MRP menunggu surat balasan dalam kurung waktu 14 hari mendatang. 

"Pak Dirjen menerima usulan MRP Papua Barat  dan dalam waktu dekat, sudah ada surat  Balasan dari Kemendagri,"imbuhnya.

Selanjutnya, Ketua Pokja Agama MRP Papua Barat ini menjelaskan usulan tersebut semata - mata adalah adalah harapan masyarakat adat yang menginginkan agar Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri Prof. Drs.H.Muhammad Tito Karnavian menunjuk anak asli Papua Barat menjadi Cakarateker Gubernur. 

Masyarakat Papua Barat inginkan agar anak - anak dari wilayah Adat Doberay dan Bomberai yang menjadi karateker Gubernur sehingga dapat berkomunikasi dengan bahasa kultur untuk menjaga stabilitas sosial politik di daerah Papua Barat tatap aman, dan damai, tidak bisa orang lain,"terang Kelly Duwiri yang juga sebagai Ketua Pokja Agama MRP Papua Barat ini.


Berita Terkait