Masyarakat Gelar Ritual Adat Sambut Ketua DAP Papua dan Ketua DAP III Doberay di Kaimana

Oleh Redaksi

22 October 2021 20:11 496 VIew

''Masyarakat Adat Suku Mayrasi Gelar Ritual Adat Sambut Rombongan Ketua DAP Papua di Bandara Utarom Kaimana''

Kaimana, arfaknews -  Ketua Dewan Adat Papua (DAP) bersama Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay, dan Rombongan disambut Ritual Adat oleh Masyarakat Adat Kaimana di Bandara Utarom Kabupaten Kaimana Wilayah Adat Bomberay, Jumaat (22/10/2021).

Penyambutan tersebut dalam rangka memberi penghormatan terhadap pemimpin Besar Masyarakat Adat yang akan mengikuti acara Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke IV (KBMAP) di Kabupaten Kaimana. 

Ketua Umum Dewan Adat Papua, Mananwir Beba Yan Pieter Yarangga didampingi Ketua DAP Wilayah III Doberay, Mananwir Paul Finsen Mayor,S.IP dikawal Ketat oleh Penjaga Tanah Papua (PETAPA).

Pantauan media ini, sebanyak  70-an anggota Polisi Adat (PETAPA) memadati Bandara Utarom menjaga ketat kedatangan rombongan Ketua Dewan Adat Papua. 

Sementara, masyarakat adat Suku Mayrasi membawa sejumlah atribut budaya menggelar ritual adat dalam menyambut kedatangan rombongan Pemimpin Besar Masyarakat Adat Papua.

Setelah digelar ritual adat, Rombongan Ketua DAP diarahkan kedalam room VIP untuk menaikan doa syukur dan melanjutkan perjalanan menuju Sekretariat KBMAP IV Kaimana.

Setelah itu, Rombongan Ketua DAP diagendakan meninjau lokasi gedung Olahraga Kaimana yang akan dipakai sebagai tempat dilaksanakannya Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke IV di Kaimana, serta meninjau Lokasi Pameran dan Pagelaran Budaya. 

Lebih lanjut, kegiatan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) direncanakan berlangsung pada tanggal 25 hingga 30 Oktober 2021 di Kaimana mendatang. 

Hingga kini, Panitia KBMAP IV Kaimana sedang menerima tamu Adat yang datang dari berbagai Daerah di Tanah Papua. Diperkirakan sekitar 800-an Peserta KBMAP IV Kaimana akan tiba dengan Kapal Sabuk Nusantara 98 pada awal Pekan mendatang. 

Peserta Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua yang besok tiba di Kaimana berasal dari berbagai kabupaten kota di Tanah Papua


Berita Terkait