RPP Otsus Telah Disahkan, Akomodir 50 Persen Usulan Rakyat Papua

Oleh Redaksi

23 October 2021 15:11 364 VIew

''Agustinus Kambuaya, Anggota DPR Papua Barat Fraksi Otonomi Khusus ''

Manokwari, arfaknews - Pasca Penetapan Revisi UU Otsus Nomor 2 Hasil Perubahan UU Otsus Nomor 21 Tahun 2001.

Anggota DPR Fraksi Otonomi Khusus Papua Barat, Agustinus Kambuaya menjelaskan Pemerintah memberikan waktu 90 hari untuk menyelesaikan RPP sebagai Peraturan Pelaksana atau turunan dari Undang-undang Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Otsus Papua. 

Berbagai Materi, muatan dan substansi serta pembobotan terhadap rancangan Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan Kewenangan Daerah, Tentang Kelembagaan Politik, DPRK, BADAN Pengawas Otsus, Pendidikan, Kesehatan. Kelembagaan Pendidikan Seperti YPK, YPPK, mesti dimasukan dalam Nomenklatur Otsus Revisi. Termasuk Isu Perempuan 30% dalam Rekrutmen DPRK nantinya sebagai bentuk afirmasi politik kepada kaum perempuan. 

Dibidang Politik ada banyak usulan substansi dengan landasan Empiris Faktual tentang Keadan Kondisi Politik, Budaya, Sosial dan ekonomi serta demokrasi dan HAM telah menjadi sorotan kami juga. Namun harapan itu, hanya 50 persen saja yang diakomodir.

Presiden melalui Surat Presiden Mengajukan Revisi  terbatas pada Pasal 1, Pasal 34, Ddan Pasal 76 UU Otsus Nomor 21 Tahun 2001. Namun atas usulan dan desakan berbagai komponen termasuk Pansus DPR Papua Barat, maka usulan terbatas Tiga Pasal itu bertambah menjadi perubahan 20 Pasal. 

Dalam usulan itu, Afirmasi Politik ditawarkan yakni, (1) Pembentukan Partai Politik Lokal Menjadi Wajib, Harus dan Mutlak. (2) Partai Politik Nasional Yang Hadir Di Papua Wajib mengalokasikan Kuota Calon Legislatif 80% OAP. (3) DPR Jalur Pengangkatan juga diakomodir Di Tingkat Kabupaten dan Kota. Dengan Total Jumlah Di Sesuaikan Dengan Jumlah Anggota Dari Jalur Pemilu yaitu 1/4 Dari Kebutuhan.  (4) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Mesti Orang Asli Papua. 

Usulan Strategis Dibidang Politik Ini baru diakomodir DPK, yang lainnya belum masuk. 
Usulan yang telah kami beri bobot pada substansi termaksud dengan Tujuan Otsus Papua Sama dengan Otsus ACEH yang secara substansi Mengakomodir Kepentingan Politik dan Hak-hak Dasar Rakyat Aceh. 

Ada Anggaran 2,25% dengan Skema Blok Grand dan Specific Gran, dengan  Pola Transfer Anggaran  Langsung Ke Kabupaten/Kota. 

Ini yang dapat kami usahakan dan  perjuangkan, semoga sedikit memberi manfaat.


Berita Terkait