Gunakan Dana Desa Budidaya Ikan Nila, Pemda Manokwari Apresiasi Warga Inoduas

Oleh Redaksi

13 November 2021 07:08 708 VIew

''Kadis DPMK Kabupaten Manokwari Jeffry Sahuburua, Kepala Distrik Manokwari Utara Zhakarias Dowansiba dan Kepala Kampung Inoduas Magribs S. Dowansiba secara simbolis menaruh Bibit Ikan Nila kedalam Kolam''

Manokwari, arfaknews - Masyarakat Kampung Inoduas Distrik Manokwari Utara kembangkan Budidaya Perikanan Darat. 

Budidaya tersebut di lakukan untuk memberdayakan masyarakat di Kampung Inoduas dalam mengembangkan usaha Perikanan yang berdampak pada perekonomian rumah tangga warga di Kampung Inoduas District Manokwari Utara Kabupaten Manokwari Papua Barat.

Kepala Kampung Inoduas Magribs Siska Dowansiba memberikan apresiasi kepada warga Inoduas yang telah berinisiatif mengembangkan Perikanan Darat.

Pemerintah Kampung sangat mendukung usaha perikanan Darat. Jangan kita tunggu bantuan datang, tapi kita harus maju wujudkan apa yang kita miliki. Pemerintah Kampung kita dukung masyarakat," Imbuhnya.

Sekretaris Kampung Inoduas, Mesak Dowansiba mengatakan Budidaya Perikanan Darat didukung oleh Pemerintah Kampung. 

Kita punya sumber Air yang cukup, dan ada beberapa warga Kampung yang memiliki sumber daya Manusia (SDM) di Bidang Budidaya Perikanan sehingga Pemerintah Kampung Dukung warga, agar mengembangkan usaha Perikanan Darat. Semoga usaha ini terus berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. 

Ketua Kelompok usaha perikanan Darat kampung Inoduas. Roy C H Waramori mengatakan sebanyak 20 kolam ikan yang telah dibuat oleh masyarakat. 

Inisiatif warga, kami bentuk dua kelompok usaha perikanan Darat. Dengan kerja Swadaya didukung oleh pemerintah Kampung, kami telah membuat 20 kolam ikan. 

Dari 20 kolam ini, kami baru budidaya Ikan Nila. Ada yang baru pembibitan, ada yang sudah panen.

 Kendala yang kami alami, terkait Pakan ikan dan bagaimana proses pembudidayaan (pembiakan) agar ikan ini bisa terus berkembang. Kami berharap kedepan ada dukungan Dari pemerintah daerah Kabupaten Manokwari agar usaha ini bisa berkembang dan bisa dapat dijual. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Manokwari, Jeffry Sahuburua memberikan apresiasi kepada warga Kampung Inoduas. 

Saya berikan apresiasi kepada Kepala Kampung Inoduas sebab di tahun 2021, bisa alokasi anggaran desa untuk bibit ikan. Kepada kelompok - kelompok yang ada di Kampung Inoduas, kami pemda dukung usaha positif ini. 

Jeffry menjelaskan, Kampung Inoduas memiliki potensi untuk kembangkan perikanan Darat. Saya melihat, Kampung Inoduas miliki Potensi untuk kembangkan perikanan Darat. Hanya Saya berharap segera bentuk Bumdes agar memberikan penghasilan bagi Kampung. 

Dalam waktu dekat Saya akan Kordinasi dengan tenaga ahli Ekonomi, sehingga bisa berkordinasi untuk dirikan Bumdes di Kampung Inoduas. Ini Potensi yang luar biasa, yang dibuat oleh Kampung. 

Saya berharap kedepan, perikanan Darat ini bisa lebih ditingkatkan lagi. Bukan saja untuk konsumsi keluarga, tetapi bisa dipasarkan ke pasaran Manokwari. 

Kita di DPMK, ada punya satu program Pemberdayaan Perikanan Darat yaitu bantuan Bioflok. Tapi bantuan tersebut harus tersalur melalui Bumdes. Saya tidak janji, tapi kalau Bumdes Kampung Inoduas sudah terbentuk nanti kita akan upayakan bantuan Bioflok. 


Berita Terkait