Numfor Bakal Disulap Menjadi Bali Papua, Jika Dimekarkan Jadi DOB Tersendiri

Oleh Redaksi

25 November 2021 12:01 2832 VIew

''Tampak Bandara Numfor/Foto Istimewa''

Manokwari, arfaknews - Pulau Numfor disebut - disebut memiliki potensi wisata alam dan panorama pantai wisata yang tak kalah indahnya dengan Destinasi Wisata Pulau Bali. 

Sayangnya, Pulau Numfor belum ditata optimal menjadi primadona yang terletak di gugusan Teluk Cenderawasi. 

Hal itu dikarenakan rentang kendali pemerintah karena jarak Pulau Numfor dengan Ibu Kota Kabupaten Biak Numfor yang cukup jauh (Dari Biak hingga Pulau Numfor butuh waktu sekitar 7 - 9 Jam dengan Kapal Ferry). 

Aspirasi masyarakat Numfor agar Numfor dimekarkan menjadi Kabupaten Administratif tersendiri terlepas dari Kabupaten Biak Numfor merupakan salah satu keinginan masyarakat Numfor sejak lama. 

Perjuangan Numfor menjadi salah satu Kabupaten Administratif diperjuangkan sejak 1999, namun baru mulai mendapat dukungan dari Pemerintah Biak Numfor sejak tahun 2008 melalui Bupati Biak Numfor Yusuf Melianus Maryen. 

Sejak 2009, eskalasi Perjuangan Masyarakat Numfor mulai ditingkatkan. Loby - loby administrative dilakukan untuk mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua. Pada tahun 2013 Tim Pemekaran melakukan kordinasi dan komunikasi dengan DPRP, MRP hingga Gubernur Provinsi Papua. 

Pada tahun 2013 Tim Pemekaran mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua. Dengan surat wasiat tersebut, Tim  Pemekaran melakukan langkah - langkah komunikasi dengan DPR RI, DPD RI dan Departemen Dalam Negeri (Depdagri) di Jakarta. 

Komunikasi dan kordinasi yang terus terbangun mencapai jalan buntut, Ketika Presiden Joko Widodo menerapkan Moratorium di Indonesia pada 2014 silam. Aspirasi Numfor mengendap hingga saat ini. 

Namun melalui Kebijakan Presiden Joko Widodo untuk mengecualikan DOB  Papua dan Papua Barat pada tahun 2021 pasca direvisi UU Nomor 21 Tahun 2001 melalui UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Papua (Papua Barat), Aspirasi Numfor kembali mencuat ke Permukaan untuk diperjuangkan. 

Ketua Harian Panitia Pemekaran Kabupaten Kepulauan Numfor, Jacky Wambrauw mengatakan saat ini Tim sedang menyiapkan dokomen - dokumen persiapan pemekaran Kabupaten Numfor. 

Saat kami lakukan kordinasi dengan DPD RI pada Oktober 2021 kemarin, nama DOB Numfor disebutkan masuk dalam daftar 13 DOB yang akan dimakarkan di Provinsi Papua. 

Mantan Anggota DPRD Kabupaten Biak Numfor ini menjelaskan Numfor sudah layak dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Papua. 

Pasalnya, dari sisi administratif, sarana  Prasarana dan SDM sudah sangat siap untuk mendirikan Kabupaten Otonom tersendiri. 

Numfor memiliki jumlah penduduk sebanyak 21.748 Ribu pada Tahun 2009. Kini sudah mencapai 30 ribuan.  Sedangkan, Pulau Numfor miliki luasan wilayah sekitar 36.000 km² dengan 48 Kampung yang terdiri atas 5 Distrik yakni Distrik Orkeri, Distrik Numfor Barat, Distrik Timur, Distrik Poiru dan Distrik Bruyadori. 


Numfor sendiri sudah memiliki sarana - prasarana penunjang seperti Lapangan Bandar Udara (Bandara), Pelabuhan Laut, Jalan Lingkar Numfor serta fasilitas publik berupa bangunan Perkantoran di setiap Distrik. 

Numfor memiliki sector unggulan di bidang Pariwisata dan Kelautan serta Perikanan Laut. Sedangkan sektor lain, seperti pertanian, industri dan sektor jasa akan dikembangkan sejalan dengan pembangunan Daerah. 

Kami pastikan, jika Numfor dimekarkan, dalam waktu 10 Tahun saja, sector wisata di Numfor akan berkembang. Kami akan tata sektor wisata menjadi salah Satu Sektor unggulan yang menopang pembangunan di daerah. Pasalnya, Potensi wisata Numfor sangat menjanjikan namun belum dikelola secara optimal. 

Karena itu, Jack berharap semua anak - anak Numfor yang berada di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Manokwari mesti berpartisipasi dalam mendukung DOB Numfor. 

Saya harapkan semua anak - anak Numfor yang berada di dua Provinsi di Tanah Papua baik Provinsi Papua maupun Papua Barat untuk mendukung Pemekaran Kabupaten Numfor. Mari kita sama - sama wujudkan aspirasi masyarakat Numfor. 

 


Berita Terkait