PN Manokwari Akui Erestina Krey Sebagai Istri Sah Nikodemus Orisu, Gugat Area Runway Bandara Rendani

Oleh Redaksi

23 December 2021 00:05 689 VIew

''Pendamping Hukum Non Litigasi, Yan Arwam saat mendampingi Ibu Erestina Krey''

Manokwari, arfaknews - Pengadilan Negeri Manokwari mengakui Ibu (Mama) Erestina Krey sebagai Istri Sah dari Nikodemus Orisu. 

Pengakuan itu berdasarkan keputusan pengadilan Negeri Manokwari nomor 97/pdt.P/2021/PN Mnk tertanggal 20 September 2021.

Dalam amar putusan, Pengadilan Negeri Manokwari menyatakan perkawinan antara Nikodemus Orisu (almarhum) dan Erestina Krey di Geraja GKI Jemaat Ebenheser (Sekarang Gereja GKI Pengharapan Rendani) pada tanggal 17 Februari 1979 adalah sah menurut hukum. 

Keputusan Pengadilan Negeri Manokwari juga memerintahkan Dukcapil untuk mendaftarkan/mencatatkan perkawinan tersebut dan menerbitkan akta perkawinan  atas nama pemohon Erestina Krey dengan Nikodemus Orisu (Almarhum). 

Ketua Labaki Manokwari, Yan Arwam menerangkan sebagai pendampingan hukum Non Litigasi kepada keluarga besar Orisu, Ia menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Orisu, baik anak - anak dan cucu dari mama Mirino, mama Rumbrawer dan mama Krey. 

Ketiga mama ini, kata Arwam adalah istri sah dari Bapak Nikodemus Orisu. Disisi lain, Arwam juga mengungkap bahwa setalah dilakukan gugatan terhadap keabsahan kedudukan Mama Erestina Orisu di Pengadilan Manokwari sebagai Istri sah dari Nikodemus Orisu. 

Setelah digugat, sesuai dengan dokumen yang dipelajari, baik dokumen Nikah Adat (Pembayaran Emas Kawin) dan Nikah Gereja didukung dengan pengakuan para saksi, dengan menghadirkan Pdt. Dari gereja pengharapan Rendani, ternyata diakui bahwa Bapak Almarhum Nikodemus Orisu telah menikah dengan Mama Erestina Krey, tercatat dalam standbook Jemaat. 

Almarhum (Nikodemus Orisu - red) setelah menikah dengan Istri pertama namun meninggal, Ia menikah lagi dengan Istri kedua namun meninggal dan Ia menikah lagi dengan Istri ketiga yakni mama Erestina Krey yang saat ini telah mencapai usai 76 tahun.

Pemberkatan Nikah Kudus yang dilakukan di Geraja GKI Jemaat Ebenheser (Sekarang Gereja GKI Pengharapan Rendani) pada tanggal 17 Februari 1979. Dan sesuai dengan keterangan Hakim dalam amar putusan di pengadilan Manokwari, bahwa pernikahan itu sah menurut hukum. 

Dan atas dasar itu, maka secara sah mama Erestina Krey masih menjadi kuasa sah menurut UU atas aset - aset dari almarhum Nikodemus Orisu. 

Karena itu, Yan Arwam berharap semua keluarga besar Orisu  mendukung Mama Erestina Krey untuk memperjuangkan hak - hak dari Almarhum Nikodemus Orisu atas Tanah Runway Bandara Rendani. 

Mungkin kemarin kita ada selisi pandapat. Itu hal biasa. Saat ini, mari kita bahu membahu sebagai keluarga besar dari Bapak Nikodemus Orisu, kita berjuang  membela hak waris dari bapak Nikodemus Orisu. 

Tambahan Informasi, keluarga besar Nikodemus Orisu meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari melunasi Kompensasi keluarga Nikodemus Orisu di area Run Way Bandara Rendani Manokwari. 

Kompensasi tahap pertama pada juli 2019, Pemerintah Daerah telah membayar anggaran senilai 2,1 Milyar rupiah kepada keluarga Orisu terkait pembebasan area Runway Bandara Rendani Manokwari. 

Namun, untuk tahap ke II dan III masih dalam komunikasi dan negosiasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari untuk melunasi area yang menjadi hak waris dari Nikodemus Orisu. 

Arwam kembali menegaskan bahwa, Tanah seluas 25 Hektar di sekitar area Runway Bandara Rendani telah dibeli oleh Nikodemus Orisu dari Kepala Suku Arfak, Mawes Mandacan dengan sejumlah uang maupun barang, pada tahun 1940-an.

Karena itu, Arwam berharap ada komunikasi dan kordinasi yang baik antara keluarga dan Pemerintah dalam upaya menyelesaikan ganti rugi dari keluarga Orisu,"harapnya. 


Berita Terkait