BPD HIPMI Papua Barat Harap Mendagri Tunjuk PJ Gubernur Majukan Ekonomi Dan Keamanan Daerah

Oleh Redaksi

23 April 2022 18:07 534 VIew

''Ketua Umun BPD HIPMI Papua Barat, William Heinrich''

Jakarta, arfaknews - Ketua Umun BPD HIPMI Papua Barat, William Heinrich berharap Penjabat Gubernur Papua Barat yang akan ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri adalah sosok yang mampu menjaga situasi kamtibmas di daerah dan mendorong lajunya peningkatan perekonomian masyarakat Papua Barat. 

Menurutnya, Calon Penjabat Gubernur tersebut adalah sosok yang sudah dikenal dan tahu karakteristik masyarakat di Papua Barat sehingga sehingga tidak membutuhkan banyak waktu beradaptasi melainkan usai dilantik langsung melaksanakan tugas untuk membangun Papua Barat selama kurung waktu 2 tahun masa transisi Pilkada. 

"Kita berharap Kemendagri tidak salah pilih orang untuk menduduki jabatan itu. Karena ini menyangkut masa depan daerah serta nasib masyarakat Papua Barat secara umum," kata William melalui keterangan tertulis, Jumat (22/4/2022). 

William yang merupakan pengusaha muda kelahiran Kota Senja Kaimana ini berharap Carateker yang ditunjuk Kemendagri adalah anak Asli Papua Barat. "Kenapa harus putra daerah," tanya Heinrich sembari menerangkan bahwa hanya putra daerah yang bisa menjadi representasi daerah dan mengetahui karakteristik sosial budaya di daerah. 

"Hanya putra daerah yang tahu akan kebutuhan daerah dan kebutuhan masyarakat di daerah tersebut, karena setiap daerah di Indonesia memiliki kearifan lokal dan budaya sendiri-sendiri," tutur William. 

Namun, lanjut Wiliam  putra daerah, yang dipilih sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat adalah sosok memiliki pemahaman dan penguasaan kondisi sosial, keamanan dan ketertiban masyarakat, menguasai strategi pembangunan daerah, baik infrastruktur yang dibutuhkan maupun pembangunan sumber daya manusianya. 

"Dan yang paling penting yaitu keberpihakan terhadap orang asli papua," tegas William menambahkan.

Dari syarat yang diharapkan oleh Ketua HIMPI Papua Barat bahwa seorang penjabat Gubernur ialah orang yang mampu menjaga Situasi daerah yang aman, damai dan kondusif sehingga aktivitas sosial ekonomi bisa berjalan optimal dan memberikan dampak kesejahteraan kepada masyarakat. 

Hingga kini, ada berapa nama Carateker Gubernur Papua Barat yang disuarakan oleh masyarakat di Papua Barat diantaranya  Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw yang saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri. 

Kedua, Dr. Nathaniel Mandacan,M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat. Dan ketiga, Prof. Dr. Agustinus Fatem. Serta Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Dance Flassy. 


Berita Terkait