Pemkab Jayapura Dukung Kongres Masyarakat Adat Nusantara Di Jayapura Papua

Oleh Redaksi

29 April 2022 02:11 1575 VIew

''Bupati Kabupaten Jayapura, Mathias Awoitouw saat berada di Manokwari, Kamis (28/4/2022) ''

Manokwari, arfaknews - Pemerintah Kabupaten Jayapura Provinsi Papua mendukung pelaksanaan Kongres ke VI Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) yang akan dipusatkan di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. 

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan Pemerintah Kabupaten Jayapura siap menjadi Tuan Rumah mendukung pelaksanaan Kongres ke VI Aliansi masyarakat Adat Nusantara (Aman) yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 - 28 Oktober 2022 mendatang. 

Setiap 5 tahun sekali, aman menggelar Kongres secara Nasional, dan Kongres ke VI tahun 2022, direncanakan akan digelar di Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura siap mendukung pelaksanaan Kongres Aman di Jayapura, Papua," Kata Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitouw saat diwawancarai media ini, Kamis (28/4/2022) sejak berada di Kabupaten Manokwari belum lama ini. 

Awoitouw menerangkan Pemerintah Kabupaten Jayapura bersedia sebagai Tuan rumah untuk pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. 

"Kami siap sebagai tuan, dalam kongres Aliansi masyarakat Adat Nusantara (Aman) yang akan dilaksanakan di Jayapura Provinsi Papua,"kata Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius  Awoitouw sembari menjelaskan bahwa Panitia telah berkordinasi dengan Bapak Menkopolhukam, dan beberapa kementerian lainnya, bahkan  sudah audiens dengan MRP Papua dan DPR Papua. 

Terget kita, undangan yang akan hadir mengikuti acara tersebut diperkirakan sekitar 10.000 orang. Kegiatan direncanakan pada 24 - 28 Oktober 2022 bertepatan dengan hari kebangkitan Masyarakat Adat di Jayapura Papua. 

Dalam agenda ini akan dibahas penguatan kelembagaan masyarakat Adat di seluruh Indonesia, termasuk perjuangan masyarakat adat atas hak - hak mereka, agar masyarakat adat juga memberikan kontribusi yang  baik kepada bangsa dan negara. 

Sementara dalam agenda ini sekaligus, kita harapkan ada pembahasan khusus terkait hak - hak masyarakat Adat Papua dalam kerangka Otsus. Kami harap negara harus serius melindungi hak - hak orang asli Papua, termasuk implementasi amanat otsus kepada orang asli Papua. 

Sedangkan, agenda lokal yakni Pemkab Jayapura sedang mengupayakan pendataan batas wilayah. Kita harapkan ke depan Tanah - Tanah masyarakat Adat Papua sudah disertifikatkan batas wilayah Tanah Adat di Papua, agar Ketika Bapak Presiden hadir dapat menyerahkan itu kepada masyarakat Adat,"tandanya.


Berita Terkait