Ondoafi Dr. Edison Ompe Resmi Nahkodai Kerukunan Keluarga Tabi Papua Barat

Oleh Redaksi

29 April 2022 22:11 2314 VIew

''Pengurus Kerukunan Keluarga Mamta Tabi Papua Barat, Ketua Ondoafi Dr. Edison Ompe, dan Wakil Ketua I, Yance Samonsabra, SH., M. Si''

Manokwari, arfaknews-  Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, yang juga selaku kepala Suku Besar Arfak mengukuhkan Pengurus Kerukunan Keluarga Besar Mamta Tabi Papua Barat. 

Pengukuhan Ondoafi Dr. Edison Ompe sebagai Ketua, Yance Samonsabra sebagai wakil Ketua I serta Sekretaris dan pengurus Kerukunan Keluarga Besar Mamta Papua Barat. Acara ini turut disaksikan oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, dan sejumlah Ondoafi, Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberai dan Kepala - kepala Suku se Nusantara  di Papua Barat dalam acara pengukuhan yang diselenggarakan di Aula Universitas Papua, Kabupaten Manokwari, Jumat (29/4/2022). 

"Mewakili Keluarga dan Masyarakat Tabi di Papua Barat, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Papua Barat, Bapak Dominggus Mandacan dan Bapak Bupati Manokwari, Hermus Indou yang telah memberikan ruang dan tempat untuk menerima keluarga Tabi  selenggarakan Mubes Kerukunan Keluarga Tabi Papua Barat," Kata Ketua Kerukunan Keluarga Tabi Papua Barat, Dr. Edison Ompe usai dikukuhkan oleh Gubernur Papua Barat, Jumat (29/4/2022). 

Edison mengungkap, untuk pertama kalinya Keluarga Tabi Papua Barat menyelenggarakan Mubes walaupun telah lama keluarga Tabi berdomisili di daerah Sorong Raya, Manokwari Raya dan wilayah Selatan Papua Barat. 

Sebelumnya, masing - masing ikatan Tabi yang tersebar di 13 Kabupaten/Kota di Papua Barat ini jalan sendiri - sendiri, karena itu melalui musyawarah ini, kami berharap Kerukunan bisa menghimpun keluarga Tabi dalam satu wadah di level Provinsi dan kabupaten/Kota di Papua Barat. 

Usai dilantik hari ini, Kata Edison Pengurus akan berdiskusi, dan merencanakan Rapat Kerja Kerukunan Keluarga Tabi Papua Barat. Program pertama, kita akan menginventarisir seluruh orang Tabi di Papua Barat. Baik mereka yang bermarga Tabi maupun peranakan dan atau orang - orang yang telah berdomisili di Negeri Tabi dan merasa bagian dari masyarakat Tabi. 

Kedua, kita akan lantik semua pengurus Kabupaten  Mamta Tabi di 13 Kabupaten/Kota Se Provinsi Papua Barat," terangnya. 

Kerukunan Keluarga Mamta Tabi Papua Barat hadir sebagai Mitra Pemerintah,  baik pemerintah Provinsi Papua Barat dan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Barat dalam membangun masyarakat. 

Sebagai mitra Pemerintah, kita akan bergandeng tangan dengan Paguyuban - paguyuban lainnya di Papua Barat, berpartisipasi mendukung pemerintah, menjaga kerukunan, menjaga persatuan, dan ikut mengawal program - program pemerintah,"tandasnya.

Senada, Wakil Ketua I Kerukunan Keluarga Mamta Tabi Papua Barat, Yance Samonsabra,SH.,M.Si menambahkan Panitia mengucapkan terima kasih  kepada semua keluarga Mamta Tabi Papua Barat yang talah mendukung Mubas I Kerukunan Mamta Tabi Papua Barat hingga terpilihnya Ketua Kerukunan. 

Sebagai Ketua Panitia dan sebagai Inisiator, saya berpesan kepada seluruh warga Mamta Tabi di Manokwari dan Papua Barat umumnya agar bersatu dalam menjaga kerukunan keluarga Mamta Tabi Papua Barat. 

Usai dilantik hari ini, Kita akan gelar Raker dan persiapan pelantikan pengurus Mamta Tabi di setiap Kabupaten/Kota di Papua Barat. 

Kami harap dengan komposisi struktur pengurus kerukunan yang telah terbentuk ini, mari bersama membagi tanggungjawab, sesuai tupoksi masing - masing bidang agar proses konsolidasi, proses pembentukan kerukunan Mamta Tabi di masing - masing Kabupaten/Kota di Papua Barat. 

Tujuan lainnya, adalah dengan kehadiran Kerukunan Mamta Tabi diharapkan memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Daerah baik di Kabupaten Manokwari maupun Kabupaten/Kota lainnya di Papua Barat. 

Samonsabra juga mengajak warga Mamta Tabi Papua Barat untuk mendukung Pemerintah, mendukung program - program Pemerintah baik Pemerintah pusat, Provinsi Papua Barat maupun Kabupaten/Kota di Papua Barat. 

Kami harapkan melalui Ikatan kerukunan ini dapat membantu pemerintah dalam upaya menyelesaikan berbagai masalah - masalah sosial di masyarakat,"pungkasnya. 

 


Berita Terkait