Lagi, Di Manokwari Dua Bangunan Toko Ludes Terbakar

Oleh redaksi

10 May 2022 14:08 1697 VIew

''Warga mencoba memdamkan kobaran api dengan peralatan seadanya''

Manokwari arfaknews – Belum habis dalam ingatan peristiwa kebakaran terjadi di Pasar Wosi,terjadi Senin 03.030 Wit pagi, hingga membakar ratusan lapak dan toko jualan, kebakaran di Manokwari Kembali terjadi, Selasa (10/05/2022) sekitar pukul 11.30 Wit, terletak di jalan Yogyakarta, dimana dua bangunan toko ludes terbakar.

Dua bangunan toko yang terbakar yakni, Toko Jihan dan Toko Sinar Segman, dimana kedua toko ini menjual sembako dan toko peralatan motor.

Diduga kobaran api berasal dari belakang Toko Jihan yang menjual kebutuhan pokok, kemudian api begitu cepat menjalar ke bangunan toko disebelahnya yang menjual peralatan motor.

Warga yang melihat adanya kepulan asap tebal berasal dari belakang toko, mencoba memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya.

kurangnya sumber air di lokasi kebakaran, serta bangunan toko terbuat dari bahan mudah terbakar, serta bahan toko mudah terbakar, sehingga api dengan mudah melahap seluruh isi dua bangunan toko.

Masyarakat berada disekitar lokasi kebakaran, kemudian bergotong royong memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya, agar api tidak menjalar ke bangunan toko lainnya, serta membantu korban kebakaran mengamankan sejumlah isi toko ke jalan raya.

Kesaksian salah satu karyawan Toko, Ali, mengutarakan saat itu sedang bertugas di toko, lalu salah satu warga datang memberitahukan jika ada kepulan asap berasal dari belakang toko, namun saat di telusuri asal mula api tersebut, ternyata berasal dari toko sebelah, sehingga dirinya bersama karyawan dibantu warga sekitar lalu mengeluarkan sejumlah barang toko yang masih dapat diselamatkan, ujarnya.

 

Berselang beberapa menit kebakaran terjadi, satu uni mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dari pemprov Papua Barat, dibantu satu unit Mobil Water Canon milik Polres Manokwari, serta sejumlah mobil tangki air dikerahkan untuk melakukan proses pemadaman dan pendinginan.

Petugas Damkar dibantu aparat kepolisian dari Polres Manokwari, serta anggota TNI AD dari Kodim 1801 Manokwari, dibantu warga berjibaku menjinakkan kobaran api hingga satu jam lamanya.

Kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka, namun kerugian ditaksir dari pemilik kedua toko bangunan yang terbakar, ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara diduga kebakaran ini terjadi akibat hubungan arus pendek, namun guna memastikan penyebab kebakaran ini terjadi, aparat kepolisian dari Reskrim Polres Manokwari, kemudian memintai keterangan sejumlah saksi dari karyawan toko maupun warga sekitar, penyebab kebakaran ini terjadi, serta memasang garis police line di lokasi kebakaran, untuk memudahkan proses penyidikan dilakukan.   


Berita Terkait