Terima Uang Pembinaan 10 Juta, Penari : Terima Kasih Bapak Daud, Sudah Berdayakan Sangar Tari Di Manokwari

Oleh Redaksi

11 June 2022 13:12 1381 VIew

''Penyerahan Piagam dan Hadiah kepada Pemenang Lomba Seni Tari Intelektual Arfak Berbudaya di Taman Ria, Jumat (10/6/2022) ''

Manokwari, arfaknews - Pertunjukan 28 Peserta lomba Yosim Pancar telah memantik perhatian warga untuk memenuhi area perlombaan di halaman Kafe Coisi Key di Jalan Taman Ria sejak Jam Perlombaan dimulai pada Kamis (9/6/2022) hingga Jumat (10/6/2022) setiap pukul 16.00 - 22.00 Wit.

Dari dua Kategori Seni Tari Yosim Pancar yang dipentaskan oleh Para Pemuda - Pemudi dalam acara pentas Yospan Intelektual Arfak Berbudaya, Group Tari Botenang diumumkan sebagai Pemenang Juara satu (I) dari Kategori Pentas Yospan Musik Modern (Kaset/Audio) diberikan Piagam dan Uang Pembinaan senilai 10 Juta Rupiah.

Sedangkan Juara II dimenangkan oleh Group Tari Pambers menerima Piagam dan Uang Pembinaan sebesar 5 Juta rupiah, disusul Juara 3 dimenangkan oleh Rodidam menerima Piagam dan Uang Pembinaan sebesar 3 Juta.

Juara harapan I dimenangkan oleh Relia Group diberikan uang pembinaan sebesar 2 juta rupiah, disusul juara Harapan II dari Mambewor Group menerima uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000 ribu rupiah dan Harapan III jatuh ditangan group Tari dari angkasa Mulyono menerima uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah.

Sedangkan Kategori Musik Klasik (Musik Live) dimenangkan oleh Group Yospan Sadaka Group, diberikan Piagam penghargaan dan Uang Pembinaan sebesar 10 juta rupiah. Disusul Juara II dimenangkan oleh Tibes Art Group, diberikan Piagam dan uang pembinaan sebesar 5 Juta Rupiah, dan juara III diraih oleh Group Tari Teras, diberikan Piagam dan Uang Pembinaan sebesar 3 juta rupiah.

Sementara Juara Harapan Kategori musik Tradisional dimenangkan Juniguela Group, disusul Group Tari Paradisea mengantongi Harapan II dan Juara harapan III jatuh ditangan Mampera Biryosi. Masing - masing menerima Piagam dan Uang pembinaan sebesar Rp. 2.000.000 untuk Harapan I,  Rp. 1.500.000 untuk harapan II dan  Rp. 1.000.000 juta untuk harapan III.

Salah satu Tim Penari dari Sanggar Yospan Boteng, Abraham Morin menyampaikan Terima kasih kepada Tokoh Intelektual Arfak, Daud Indouw,SH dan Para Tim pelaksana kegiatan.

"Mewakili Sanggar Tari Botenang, kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Daud Indouw dan keluarga serta Tim pelaksanaan Pentas Seni Tari Intelektual Arfak Berbudaya. Harapan kami, ke depan harus ada kegiatan - kegiatan seperti ini agar kami punya sangar tidak mati tetapi terus berkembang dan diberdayakan,"harap Abraham usai menerima piagam perhargaan, Jumat (10/6/2022) di area Pentas Taman Ria Kafe Coisi Key Manokwari.

Pelaksana Kegiatan, Daud Indouw,SH mengucapkan terima kasih kepada seluruh partisipasi dari 28 Group Tari Seni di Kota Manokwari yang telah berpartisipasi dalam acara Pentas Seni Tari Yosim Pancar Intelektual Arfak Berbudaya.

Saya menyampaikan Terima kasih kepada semua group yang berlomba dalam Pentas Seni Tari Yospan selama dua hari ini, baik kategori Musik Tradisional dan Musik Modern.

Saya terkesan dan sangat berterima kasih sebab acara pentas Seni Tari Yosim Pancar baru Pertama Kali dilakukan di daerah Taman Ria Wosi Manokwari. Selaku tokoh intelektual Arfak yang menyelenggarakan kegiatan ini, saya sampaikan Terima kasih kepada semua, baik penari, warga dan panitia pelaksana yang telah menghibur kami di sini.

Daud berharap adik - adik group sanggar yang tidak menang, atau terpilih dalam kategori juara, jangan berkecil hati sebab namanya perlombaan tentu harus ada yang menang dan kalah.

Saya berharap adik - adik yang Group Yospan belum juara, agar diperbaiki lebih baik lagi agar dalam pentas seni berikut bisa juara.

Saya juga berharap adik - adik Group Yospan yang telah menerima juara, jangan melihat dari jumlah hadiah yang diberikan, melainkan melestarikan, menjaga, memiliki dan semangat menampilkan budaya kita.

Sebagai Intelektual Arfak, Daud minta agar para tokoh intelektual dan stakeholder di Kabupaten Manokwari untuk bersama - sama miliki tanggung jawab moril untuk menjaga, melindungi dan melestarikan kebudayaan melakui iven - iven pentas seni agar nilai - nilai budaya  Papua tidak punah tetap terus lestari dalam Sanubari anak - anak Papua.

Saya harap ada dari tokoh intelektual lainnya lagi di Manokwari untuk lakukan pentas seperti ini, agar betul - betul kita punya budaya ini dilestarikan.

Menutup wawancara, Daud menyampaikan ucapan terimakasih kasih Mananwir Byak Mnukwar Petrus Makbon yang telah membuka dan menutup acara Pentas Seni Yosim Pancar Intelektual Arfak Berbudaya.

Saya juga menyampaikan Terima kasih kepada saudara - saudaraku dari keluarga Besar suku Biak maupun Serui, sebagai pemilik Budaya Yosim Pancar.

"Saya harap, kalau ada kejanggalan dalam pelaksanaan Pentas Seni Yosim Pancar Intelektual Arfak Berbudaya, saya harap tidak diplintir  atau diframing dalam sosial media.

Pelaksanaan kegiatan ini,  semata - mata karena kita semua miliki  tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya Papua agar generasi Papua tidak melupakan nilai - nilai budaya,"tukasnya


Berita Terkait