Ketua LMA Tehit Dan Ambel Maya Apresiasi PJ Gubernur Waterpauw Evaluasi dan Tertibkan Kinerja Birokrasi Papua Barat

Oleh Redaksi

02 July 2022 17:12 1114 VIew

''Ketua LMA Tehit, Philipus Momot,SE., M.M dan LMA Ambel Raja Ampat, Yulianus Thebu,S.Si., M. Si''

Manokwari, arfaknews - Ketua Lembaga Masyarakat Adat Ambel Maya Raja Ampat dan Lembaga Masyarakat Adat Tehit Papua Barat memberikan apresiasi kepada PJ Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw atas pelantikan beberapa pejabat struktural dan fungsional Esalon II, III dan IV di lingkungan Pemprov Papua Barat pada Rabu 29 Juni 2022 kemarin.

"Sebagai masyarakat Adat, kami dukung dan memberikan apresiasi kepada Bapak PJ Gubernur Papua Barat. Kami harap Bapak Jendral bisa tertibkan Kinerja Birokrasi di lingkungan Pemprov sehingga pelayanan pemerintah Provinsi Papua Barat benar - benar memberikan dampak kesejahteraan kepada masyarakat di Papua Barat,"kata Philipus Momot, SE.,MM Ketua LMA Tehit Papua Barat, Sabtu (2/7/2022). 

Harapan kami, kehadiran Bapak Jendral menjadi PJ di Provinsi Papua Barat dapat menertibkan para ASN dan Pejabat di lingkungan Pemprov sehingga para pejabat dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan untuk mensejahterakan masyarakat,"harap Momot. 

Senada, apresiasi dan dukungan juga datang dari LMA Ambel Maya Raja Ampat, Yulianus Thebu, S. Si., M. Si kepada PJ Gubernur Papua Barat sembari meminta Pj Gubernur membuat aturan mengawasi penggunaan anggaran Otsus. 

Sejak awal, kami (LMA) Ambel sudah dukung Bapak Jendral untuk jadi PJ di Papua Barat. Masyarakat Adat di Raja Ampat berharap Bapak Jendral tingkatkan mutu kualitas pelayanan pemerintahan melalui sistem pemerintahan yang baik dan bersih (Good Government) sehingga masyarakat bisa merasakan kesejahteraan melalui pendekatan pelayanan yang menyentuh masyarakat kecil. 

Kami harap Bapak Jendral membenahi dan menertibkan layanan pemerintahan di lingkungan Pemprov Papua Barat  sehingga para Pejabat tidak buat program copy paste melainkan menyusun program - program inovatif yang mensejahterakan masyarakat,"ujarnya.

Disisi lain, Thebu berharap Gubernur Papua Barat membuat sejumlah peraturan daerah khusus untuk mengontrol pengunaan dana otsus sehingga anggaran otsus langsung menyentuh masyarakat. 

"Masyarakat berharap Bapak PJ Gubernur Papua Barat bisa membuat sejumlah aturan - aturan khusus agar Kepala - Kepala OPD dan Kepala - Kepala daerah di Kabupaten/ Kota bisa menggunakan dana otsus sesuai peruntukannya terutama untuk program pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar dan pengembangan ekonomi kerakyatan,"harap dia. 

Thebu membeberkan selama ini anggaran Otsus yang digelontorkan cukup besar dari Pemerintah pusat ke Pemprov Papua Barat dan diturunkan lagi ke Kabupaten/Kota namun peruntukannya belum tepat sasaran sehingga masyarakat belum merasakan manfaat dan dampak dari anggaran otonomi khusus. 

Saat ini, ujar dia yang menjadi masalah ialah anggaran tidak melalui pemprov lagi melainkan turun langsung ke Kabupaten/Kota. Kami harap Bapak PJ buat aturan khusus agar para Bupati dan walikota bisa menggunakan anggaran Otsus tepat sasaran,"harap dia. 

Selanjutnya, Mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Raja Ampat ini menambahkan langkah yang diambil oleh PJ Gubernur untuk melantik para Esalon IV, III dan II di beberapa OPD dan Biro sudah sesuai aturan sehingga tidak perlu diperdebatkan. 

Kami berikan apresiasi kepada Bapak Mendagri dan Bapak PJ Gubernur karena sudah merombak, menata dan mengevaluasi kinerja ASN di lingkungan Pemprov Papua Barat. Promosi, rotasi dan evaluasi ASN itu hal yang lumrah dan bagian terpenting dari sistem birokrasi sehingga tidak perlu diperdebatkan. 

Parahnya jika dalam masa transisi 2 tahun ini tidak ada perombakan dan penyegaran struktur akan berdampak pada sistem tata kelola pemerintahan yang stagnan dan berjalan di tempat. Saya pikir apa yang dilakukan oleh Bapak PJ adalah langkah yang tepat, untuk menata sistem birokrasi yang baik dan bersih. 

Anggota MRP Papua Barat asal Raja Ampat ini berharap para Pejabat Esalon II, III dan IV di lingkungan Pemprov yang telah dilantik untuk genjot program sehingga dapat melaksanakan tugas - tugas pelayanan kepada masyarakat. 

Harapan kami, bapak Ibu yang telah dilantik oleh Bapak PJ, bisa melakukan tugas - tugas pelayanan kepada masyarakat.

Kami harap Bapak Plt Dinas PU bisa turun melihat secara langsung masalah yang dihadapi masyarakat terutama terkait infrastruktur jalan, jembatan dan dermaga serta perumahan di kampung - kampung sehingga masyarakat di bagian Pelosok juga merasakan kehadiran pemerintah,"tandasnya.


Berita Terkait