Semarak 77 Tahun HUT RI, PJ Gubernur Waterpauw Bangkitkan Semangat Olahraga Volly Pasir Di Papua Barat

Oleh Redaksi

09 August 2022 00:09 442 VIew

''Foto pembukaan kegiatan Volly Pasir di Sanggeng Manokwari, Minggu (7/8/2022)''

Manokwari, arfaknews -  Sebagai Pengurus PBVSI Pusat, PJ Gubernur Papua Barat inginkan anak - anak Papua Barat bisa tampil dalam iven Volly di tingkat Nasional, pasalnya anak - anak Papua dinilai miliki bakat dan prestasi dalam olahraga Volly di Indonesia.

Hal itu disampaikan PJ Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Paulus Waterpauw saat membuka secara resmi Pertandingan Volly Pasir yang di selenggarakan di Sanggeng Manokwari, Minggu (7/8/2022).

"Saya sendiri pengurus Volly Pusat yang telah berkunjung ke berbagai Negara. Dan saya lihat kemampuan anak - anak Papua tidak jauh berbeda dengan mereka. Anak - anak kita miliki kemampuan yang hebat - hebat, namun belum dibina secara baik,"kata PJ Gubernur Komjen (Pol) Paulus Waterpauw.

Untuk mewujudkan itu, lanjut dia Pengurus PBVSI dan Pemerintah mulai rubah pola pembinaan dan penanganan Volly pasir di Papua Barat agar anak - anak Papua yang telah miliki bakat olahraga Volly bisa tampil di ajang nasional maupun internasional.

Kita akan merekrut anak - anak kita yang miliki bakat Volly. Ke depan Kita bukan lagi bermimpi untuk  juara PON saja tetapi kita  harus masuk bertanding sampai juara Asia. Saya punya mimpi, kalau ada kesempatan kita dorong agar ada  iven Volly nasional dan Internasional di Papua Barat.

Karena itu, dia mengharapkan dukungan dari masyarakat untuk mendukung anak - anak Papua yang berminat bermain Voly sehingga ke depan ada bibit Pemain Volly yang tampil mewakili Papua Barat dalam iven Nasional. Saya sengaja memilih Volly Pasir di Sanggeng karena kompleks Sanggeng dikenal sebagai objek olahraga.

Saya minta sportivitas dari adik - adik peserta Tim Voly Pasir. Jika wasit sudah putuskan maka harus dengar. Selamat Bertanding dan pantang menyerah dalam  raih prestasi. Kita harus sportivitas,"harap Jendral Bintang Tiga ini.

Sebanyak 61 Tim Volly Pasir terdiri dari Tim Putra dan Putri Ramaikan 77 Tahun HUT RI di Manokwari Provinsi Papua Barat. Ke 61 Tim tersebut dibagi kedalam kategori Volly Pasir Putra dan Putri dengan spesifikasi 2 x 2 dan 4 x 4 meter.

Ketua Panitia, Yohanes Momot memaparkan ke 61 Tim tersebut diantaranya;  Volly Pasir Putra 2 x 2 terdiri dari 21 tim peserta diantaranya Boplas 1, Boplas 2, Boplas 3, Worem A dan Worem B, RSUD 1, RSUD 2, BOBOI 1, BOBOI 2, KCS RJ4, Kamara, Bomi, Banteng Kasuari, Coisi Key, Tiger, Viku 46, Blits,  Misyodec, Kompas, Putra Jayapura, Ikaljatim, Abdaloseh, Putra Aipiri, Rasroni dan Putra Pantura. Sementara Volly Pasir Putra 4 x 4 terdiri dari 12 tim peserta diantaranya Cendrawasih Force, NBS, Kementerian Hukum dan HAM, Viku 46, Xcekutor, Kamara, Misyodec, Marbers, Smankor PB, dan Kompas.

Sedangkan  Volly Pasir Putri 2 x 2 terdiri dari 14 tim diantaranya, Boplas 1, Boplas 2, Amabhe 1, Amabhe 2, dan Amabhe 3, Cendrawasih Force, Blitz, Oridek, Kamara, Marbers, Mikasa, Mulyono, Putri Sorong, dan Iklaljatim. Dan Volly Pasir Putri 4 x 4 terdiri dari 14 tim diantaranya Blitz, Kementerian Hukum dan HAM, RSUD Pabar, Smankor PB, Boplas, Oridek, Kamara, PUPR PB, dan Amambhe BVC Sentani dan Mikasa.

Yohanes menambahkan pertandingan Volly Pasir yang digelar merupakan tindak lanjut dari kegiatan Volly Indor. Volly Pasir akan digelar selama 7 hari ke depan.

"Volly Pasir ini permintaan langsung dari Bapak PJ Gubernur karena Volly Pasir ini sangat jarang dilakukan baik di Provinsi Papua maupun Papua Barat. Karena itu Bapak Gubernur langsung meminta Pengurus PBVSI bekerja sama dengan teman - teman Panitia untuk menyelenggarakan Volly Pasir dalam rangka memperingati 77 tahun HUT RI,"kata dia.

Disisi lain, Bapak Gubernur juga adalah  Pengurus Volly Pusat. Beliau ingin agar anak - anak Papua yang miliki bakat Volly 
 dapat mengembangkan bakat mereka,"tukasnya.

Terkait dengan pembiayaan, Yohanes mengungkap kegiatan tersebut merupakan dukungan kolaborasi dari Pengurus Pusat PBVSI, Polri,  maupun Pemda Provinsi dan Iklaljatim.

Turut hadir dalam Acara Pembukaan, PJ Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw, Kabinda Papua Barat,  Kapolda Papua Barat dan sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemprov Papua Barat.


Berita Terkait