Dawan Adat Papua Wilayah III Doberay Minta Mendagri Tunjuk Sarah Kondjol Jabat PJ Wali Kota Sorong

Oleh Redaksi

12 August 2022 12:09 598 VIew

''Zhakarias Horota, Sekretaris DAP Wilayah III Doberay ''

Manokwari, arfaknews - Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay minta Menteri Dalam Negeri memprioritaskan Perempuan Papua sebagai penjabat Wali Kota Sorong Provinsi Papua Barat.

"Sesuai dengan massa Jabatan Wali Kota Sorong yang akan berakhir pada tanggal 22 Agustus 2022, maka kami minta Bapak Mendagri menunjuk Ibu Ariance Sarah Kondjol,SE.MA sebagai penjabat Wali Kota Sorong," kata Sekretaris DAP Wilayah III Doberay, Zhakarias Horota

Zhakarias menjelaskan sudah saatnya pemerintah memberikan kesempatan dengan mempercayakan perempuan Papua untuk menjadi pemimpin di Tanah Papua.

Perempuan Papua harus diberdayakan, dipercayakan menjadi Pemimpin di Tanah Papua. Kami minta Mendagri untuk memprioritaskan perempuan Papua, anak Asli wilayah Doberay, Sorong Raya sebagai PJ Wali Kota Sorong,"tegas Horota.

Zhakarias menambahkan secara kultur Sarah Kondjol memiliki pengaruh di kalangan masyarakat Kota Sorong sehingga ketika dipercayakan sebagai Penjabat Wali Kota Sorong dipastikan akan menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai di masyarakat,"ujarnya.

Sekretaris DAP Papua Wilayah III Doberay ini menilai Sarah Kondjol memiliki pemahaman yang mumpuni dalam bidang Birokrasi,  pasalnya Ia menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kota Sorong dan pernah menduduki jabatan - jabatan strategis dalam lingkup Pemkot Sorong sehingga Sarah dipastikan mampu melakukan konsolidasi birokrasi dan masyarakat dalam mempersiapkan Pemilu pada 2024 mendatang.

Sudah waktunya Cendrawasih Papua, anak asli Papua, Perempuan Doberai dipercayakan untuk menjadi Wali Kota Sorong. Kalau di daerah ada yang memenuhi jabatan dan kepangkatan serta memenuhi kualifikasi, kenapa harus bawa dari Provinsi atau daerah lain. Kami harap, Bapak Presiden melalui Bapak Mendagri menunjuk Ibu Ariance Sarah Kondjol sebagai Penjabat Wali Kota Sorong,"harap Horota.

Sebelumnya, DPRD Kota Sorong dan Pemprov Papua Barat telah mengusulkan beberapa nama - nama calon Wali Kota Sorong ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta pada satu  bulan lalu.

Dari nama - nama yang diusulkan tersebut, Ariance Sara Kondjol,SE.,MA., Golongan Pembina TK.1 (IVB) adalah Sekretaris DPRD Kota Sorong yang diusulkan oleh DPRD Kota Sorong sebagai calon Penjabat Wali Kota Sorong.


Berita Terkait