Kapolda Papua Barat Promosikan Minyak Goreng, Produk Lokal Anak Papua Ke Retailer Nasional

Oleh Redaksi

12 August 2022 21:09 397 VIew

''Minyak Goreng Mas, salah satu Produk Lokal Papua Muda Inspiratif di Sidey Manokwari ''

Manokwari, arfaknews - Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga menantang Pelaku UMKM terutama Papua Muda Inspiratif untuk menciptakan produk lokal yang unggul dan berkualitas agar produk tersebut bisa dipasok ke pasar nasional.

"Saya dorong anak anak muda Papua kreatif tetap konsisten memproduksi inovasi dan produk mereka. Kalau boleh inovasi yang  diproduksi, berkualitas dengan cita rasa yang khas agar bisa dipasarkan secara nasional"ujar Irjen Pol. Daniel Silitonga saat Talk Show bersama Papua Muda Inspiratif nspiratif di Mapolda Papua Barat, Kamis (11/8/2022).

Kapolda menerangkan menerangkan setiap inovasi yang diproduksi harus memperhatikan kemasan produk yang mampu menarik perhatian konsumen sehingga memantik pasar untuk membeli produk anak Papua.

"Anak anak Papua memiliki potensi luar biasa. Potensi Ini menjadi tanggung jawab semua pihak untuk membina mereka untuk terus mengembangkan UMKM nya. Saya lihat produk mereka bagus- bagus.  Saat kegiatan dengan Bapak PJ Gubernur dan Bapak Pangdam, nanti saya akan sampaikan kepada mereka untuk mendukung produk anak - anak Muda Papua ini,"tuturnya.

Lebih lanjut, Jendral Bintang Dua ingin menjadi Partner  bagi Papua Muda Inspiratif untuk mendukung dan mendorong produk mereka tembus ke pasar Nasional. 

"Mereka sudah datang diskusi panjang lebar terkait masalah dan keluhan mereka selama ini, walaupun bukan tugas saya, tetapi saya mau membantu memperkenalkan produk produk mereka untuk dipasarkan melalui jaringan retail - retail di tingkat nasional,"beber Daniel

Disisi lain, sebagai Mantan Kasatgas Pangan, Irjen Silitonga mengaku memiliki kenalan dengan beberapa retailer di pasar Nasional. Dengan pendekatan itu, ia telah membangun komunikasi dengan mereka untuk memasarkan produk anak - anak Papua di pasar nasional melalui retail - retail mereka.

"Saya pikir pikir, kita dukung sehingga produk Papua muda inspiratif bisa berkembang dan terkenal  di pasaran nasional, yang terpenting anak anak muda Papua Konsisten, itu paling penting,"pesannya.

Kapolda Papua Barat menambahkan, hasil kordinasi dengan retailer di Jakarta telah mendapat tanggapan positif untuk membawa produk Papua Muda Inspiratif, hanya jumlah produksi, kualitas dan cita rasa harus dipertahankan sehingga pasokan pasar terus terisi.

"Sudah ada jaringan dengan retailer, hanya tantangan bagi Papua Muda Inspiratif untuk menjaga mutu dan kualitas produk serta mampu menjaga siklus produksi yang terus berkesinambungan sesuai permintaan agar pasar terus terisi"tukasnya.

Kordinator Papua Muda Inspiratif Bidang UMKM, Simson Bonggoibo menerangkan Papua Muda Inspiratif miliki berbagai produk - produk lokal yang telah diproduksi oleh anak - anak Papua.

Papua Muda Inspiratif punya banyak Produk, mulai dari kacang Kebar, rumput Kebar, ekstrak jeruk, Abon Rica, minyak kelapa, keripik, Sabun dan berbagi produk - produk lainnya. 

Ada beberapa produk unggulan PMI yakni Kopi, tepung Sagu serta Jagung dan minyak Gorong. Produk tersebut lanjut Bonggoibo, adalah perhatian PMI karena merupakan salah satu perhatian dari Presiden Jokowi. Karena itu, produk tersebut kini menjadi perhatian PMI. 

Disisi lain, tak ketinggalan dengan berbagai produk - produk turunan lainnya seperti keripik, Sabun, rumput kebar, kacang Kebar dan berbagai produk - produk lokal lainnya. 

Senada, Robert Rumsayor kordinator ketua Kelompok Usaha Bersama Doa Jaya Abadi, menerangkan produk unggulan mereka yakni Tepung Sagu, Minyak kelapa dan Pupuk Organik hasil Olahan Limbah Sawit.

Produksi Tepung Sagu, ujar Rumsayor, capai 1000 pcs sekali produksi. Satu Pcs berisi 500 gram, hanya produksinya masih manual dengan modal sendiri sehingga habis terjual baru bisa memproduksi lagi.

Sementara, Minyak Kepala diproduksi secara rutin oleh Pemuda Papua Muda Inspiratif di Sidey Manokwari dengan teknik lokal. Sekali produksi bisa capai 10 sampai 20 liter. Minyak Kelapa Mas sudah diberi kemasan khusus sebagai produk lokal dari Sidey Manokwari. Sedangkan Pupuk Organik dari Limbah Sawit, sudah diproduksi. Bahan bakunya juga tersedia, hanya dukungan modal dan teknik produksi yang masih manual. 

Selanjutnya Ketua KUB Doa Jaya Abadi ini memberikan apresiasi kepada Kapolda Papua Barat yang sudah mau menjadi partner untuk mendorong produk anak - anak Papua bisa dipasarkan melalui retailer di Jakarta.

Saya lihat Bapak Kapolda memotivasi kita untuk harus jaga kualitas dan meningkatkan jumlah produktivitas sehingga mampu menjawab permintaan Pasar. 

Dia mengaku, rata - rata teknik produksi masih manual sehingga belum bisa memproduksi dalam jumlah besar. "Produksi dalam jumlah banyak diperlukan room industri dengan manajemen dan peralatan yang serta dukungan anggaran yang tersedia sehingga mampu menjawab tuntutan tersebut. Karena itu, kami harapkan dukungan dari instansi teknis  untuk mendukung Produk Papua Muda inspiratif.

Saya berterima kasih kepada Bapak Kapolda. Dan kami siap terima tantangan dari Bapak Kapolda. Yang jelas, jika Pasar tersedia akan memicu produktivitas,"tukasnya.


Berita Terkait