Diberi Upah 5 Juta Rupiah, AW Nekat Bawa Narkoba Jenis Ganja Seharga 200 juta ke Manokwari

Oleh Redaksi

16 September 2022 01:12 716 VIew

''Kapolres Manokwari saat jumpa pers, Kamis (15/9/2022)''

Manokwari, arfaknews  -  AW, pelaku tindak pidana narkotika nekat membawa ganja kering sebanyak ribuan gram ke Manokwari untuk diedarkan. Namun tindakannya itu berhasil digagalkan oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Manokwari sekaligus membekuk pelaku bersama barang bukti di Jalan Siliwangi Kabupaten Manokwari, Papua Barat pada Minggu (11/9/2022) kemarin.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti narkotika jenis ganja sebanyak 107 gram plastik bening berukuran sedang dan 2 bungkus plastik berukuran besar. "Jika ditotalkan sebanyak 2.429,41 gram atau 2,5 kilogram," ungkap Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom saat jumpa pers di Mapolres Manokwari, Kamis (15/9/2022).

Dari hasil penyidikan, AW merupakan kurir yang diberi upah senilai 5 juta rupiah dari pelaku I di Jayapura untuk membawa Ganja ke Manokwari kepada Pelaku E menggunakan Kapal KM. Gunung Dempo. Namun belum sempat diserahkan kepada Pelaku E, Polisi berhasil membekuk pelaku AW bersama barang bukti. Kini pelaku AW ditetapkan sebagai tersangka, sementara pelaku I dan E  masih diburu oleh aparat atau DPO.

Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom mengaskan penangkapan tersebut merupakan bukti komitmen Polres Manokwari dalam memberantas peredaran Narkotika dan Obat terlarang dari masyarakat.

"Penangkapan ini merupakan komitmen Polres Manokwari dalam memberantas peredaran Narkoba dari masyarakat di Kabupaten Manokwari," tegas Kapolres Gultom.

Kasat Narkoba Polres Manokwari, IPDA Jhon Haulussy menambahkan pihaknya masih mendalami tindakan AW yang dinilai berani membawa barang haram sebanyak 2,5 Kg.

"Masih didalami, apakah yang dilakukan AW merupakan kali pertama atau sudah dilakukan berulang kali sehingga ia berani membawa Narkotika jenis ganja sebanyak 2,5 Kg atau jika dijual berkisar antara 200 juta rupiah,"ungkapnya.

Jhon menambahkan aparat masih mendalami keterlibatan AW dalam pengedar narkoba jenis ganja.

"Kita masih dalami peran AW, apakah hanya sebagian Kurir atau pengedar. Aparat juga masih mendalami asal barang tersebut, apakah dari Negara Papua Nugini (PNG) atau tempat lain,"ujarnya.

Atas tindakan itu,  Pelaku dijerat pasal 112 ayat 1  dan pasal 114 ayat 2 Undang Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda paling sedikit Rp.1 miliar.

"Kini pelaku AW telah diamankan di Rutan Polres Manokwari untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,"tukasnya


Berita Terkait