HUT Lalulintas Ke 67 Tahun, Polantas Polda Papua Barat Semakin Berbenah Menuju Kamseltibcar Di Masyarakat

Oleh Redaksi

23 September 2022 15:12 350 VIew

''Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga didampingi Dirlantas Polda Papua Barat, Kombes Pol Raydian Kokrosono usai usai syukuran HUT Lalulintas Bhayangkara ke 67 Tahun di Arfak Convention Hall Mapolda Papua Barat, Kamis (22/9/2022)''

Manokwari, arfaknews - Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga di usia ke 67 Tahun lalu lintas terus berbenah diri melakukan perubahan - perubahan baik itu pelayanan maupun sistem ITE maupun inovasi - inovasinya yang dilakukan oleh jajaran lalulantas menuju keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di Papua di Indonesia dan Papua Barat, khususnya.

"Melalui usia ke 67 tahun ini adanya pembenahan yang terus dilakukan oleh Dirlantas Polda Papua Barat dan Jajaran Satlantas Polres di Papua Barat terus memberikan dampak Kamseltibcar karena didukung oleh inovasi dan ITE dimanfaatkan," kata Kapolda usai acara syukuran hari Lalulintas Bhayangkara ke 67 Tahun yang diselenggarakan di Arfak Convention Hall Mapolda Papua Barat, Kamis (22/9/2022).

Kapolda Papua Barat memaparkan berdasarkan laporan Direktorat Lalulintas Polda Papua Barat adanya penurunan jumlah kecelakaan, sementara terjadi peningkatan pada jumlah pelanggaran.

"Jajaran lalulintas secara optimal melakukan pengawasan dan penindakan menggunakan teknologi ITE maupun pengawasan Kamseltibcar di masyarakat sehingga angka kecelakaan menurun sementara angka pelanggaran meningkat,"ujarnya.

Penanganan Lalulintas di Polda Papua Barat, lanjut dia  didukung oleh layanan Regional Traffic management Centre (RTMC) sehingga kegiatan pemantauan dan secara fisik petugas Lalulintas melakukan pengawasan dan penindakan di lapangan untuk mencegah kecelakaan dan pelanggaran lalulintas.

Sedangkan, Jendral Bidang Dua ini mengakui daya dukung Personil terhadap penanganan Kamseltibcar di masyarakat masih minim sehingga perlu ditingkatkan.

"Mudahan - mudahan dalam penerimaan berikutnya bisa diisi sesuai data kebutuhan. Memang belum mencapai 100 persen masih dibawa 60 persen namun dimaksimalkan dalam melayani masyarakat. Saya akan terus berusaha untuk mencukupi sehingga pemantauan berlalulintas, keselamatan berlalulintas dan serta keteraturan berlalulintas bisa terlaksana maksimal,"tuturnya.

Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga menambahkan pihaknya melalui Direktorat Lalulintas Polda Papua Barat masih melakukan analisis dan penilaian terhadap 3 polres yang baru di didirikan di Wilayah Hukum Polda Papua Barat yakni Polres Maybrat, Polres Tambrauw dan Polres Pegunungan Arfak.

"Kita masih lakukan pelatihan - pelatihan kepada Anggota Satlantas di 3 Polres yang baru sebab disana masih sangat urban, namun jika situasi terus berkembang dan penilaian telah dilakukan oleh ditlantas maka Satlantas dibentuk untuk melaksanakan tugas pelayanan Kamseltibcar di masyarakat,"tukasnya.


Berita Terkait