Bawaslu dan Parpol Teken MoU Mendukung Pemilu 2024 yang Luber dan Jurdil Di Kabupaten Manokwari

Oleh Redaksi

23 September 2022 18:12 441 VIew

''Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari, Syors A. Prawar saat menandatangani Kesepakatan bersama Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Manokwari, Kamis (22/9/2022)''

Manokwari, arfaknews -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manokwari menandatangani kesepakatan  (MoU) dengan 24 Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Manokwari mewujudkan Pemilu 2024 yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia (Luber) serta Jujur dan Adil (Jurdil) di Kabupaten Manokwari.

Syors A. Prawar, Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Manokwari mengatakan Bawaslu membangun sinergitas bersama partai politik untuk bersama sama mengawal pemilu yang aman dan damai.

 

"Melalui MoU ini, kami harap Partai Politik mendukung kerja - kerja Bawaslu dalam pengawasan, pencegahan dan pelanggaran Pemilu dengan tujuan mewujudkan Pemilu Langsung, Umum, Bebas, Adil, jujur dan Rahasia,"kata Syors A. Prawar, Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari, usai penandatanganan MoU bersama 24 Pimpinan Parpol di Kantor Bawaslu Manokwari,  Kamis (22/9/2022).

Syors memaparkan kesepakatan tersebut sebagai salah satu bentuk sinergitas yang dibangun antara bawaslu dan partai Politik, dalam kerja - kerja pengawasan, pencegahan dan pelanggaran pemilu.

 

"Melalui kesepakatan ini, kami harap Partai Politik mendukung, membangun hubungan kerja, baik pelatihan - pelatihan bimtek bersama, dan saling kontrol guna mewujudkan Pemilu yang aman dan adil di Kabupaten Manokwari,"ujarnya.

Dengan begini, lanjut dia tugas pengawasan, pencegahan bukan saja tanggung jawab Bawaslu melainkan tanggung jawab Partai Politik, dan masyarakat. Disisi yang lain, dengan kesepakatan ini pula ada sinergitas yang harmoni antar Bawaslu dan parpol untuk bersama - sama bertanggungjawab dalam mewujudkan pemilu yang aman dan damai.

"Kami harap melalui kesepakatan ini, tidak ada klaim - klaim basis antara parpol ini dan itu, melainkan saling menerima, mendukung dan memujudkan demokrasi yang aman dan damai  bagi semua parpol dan masyarakat pada Pemilu 2024 mendatang,"tukasnya.

Sebanyak 24 Pimpinan Partai Politik yang ikut menandatangani kesepakatan dukungan pemilu aman dan damai dalam mendukung kerja - kerja Bawaslu mewujudkan Pemilu langsung, umum, bebas, adil, jujur dan rahasia.


Berita Terkait